Kebakaran di Komplek Puntun, 107 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Kebakaran di Komplek Puntun, 107 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

KONDISI Terkini Pasca Kebakaran di Komplek Puntun Ujung Kota Palangka Raya.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Kebarakan hebat kembali terjadi di Komplek Puntun, jalan Rindang Banua RT 3 dan 4 RW 27, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kamis 23 Desember 2021, malam.

Akibat musibah kebakaran yang terjadi pada malam Jumat sekira pukul 22.00 WIB itu, sedikitnya menghanguskan sebanyak 28 rumah.

"Musibah kebakaran ini menghanguskan 28 rumah. Korban yang terdampak sebanyak 44 Kepala Keluarga atau 107 Jiwa. Saat ini para korban yang terdampak sementara mengungsi di tempat kerabat dan tetangga terdekat di sekitar wilayah kebakaran," ungkap Danramil 1016-01 Pahandut, Mayor Inf Rudiyanto melalui Babinsa setempat Pelda Yulianto, Jumat (24/12/2021).

Dilanjutkannya, saat ini Tim Medis dari Puskesmas Pahandut sudah berada di lokasi, dan juga berdiri Posko Kebakaran di Komplek Puntun Ujung.

Diuraikanya, berdasarkan kesaksian warga sekitar, api bermula berkobar diatas atap dan jatuh ke bawah dalam rumah milik Nurjanah (80), kemudian Nurjanah berteriak meminta tolong sehingga warga yang mendengar teriakan Nurjanah itu keluar rumah dan melihat api sudah membesar.

"Api dengan cepat membesar dan merembet ke rumah kiri dan kanannya dengan cepat. Api dapat dipadamkan sekitar 1 jam kemudian berkat gotong royong bersama warga dan unit Pemadam Kebakaran Kota Palangka Raya," bebernya.

Ia menambahkan, penyebab kebakaran tersebut diduga karena korsleting listrik, dan untuk kerugian materi ditaksir sekira ratusan juta rupiah.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran ini. Dan kejadian ini sudah ditangani serta diselidiki oleh Polresta Palangka Raya," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendali Operasi dan Komunikasi Penyelamatan Rescue Damkar Kota Palangka Raya, Sucipto mengatakan, kencangnya angin dan padatnya rumah penduduk menyebabkan kobaran api dengan mudah menjalar dari rumah ke rumah.

"Meskipun dengan akses jalan yang sempit, Regu 1 Mako Damkar bersama unsur TNI/Polri dan belasan regu Pemadam Swakarsa berhasil memadamkan api sekira pukul 24.00 WIB," tukasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama