Kafilah Kahayan Hilir Raih Juara Umum di MTQ X Tingkat Pulang Pisau

Kafilah Kahayan Hilir Raih Juara Umum di MTQ X Tingkat Pulang Pisau

PULANG PISAU, MK - Musabaqah Tilawatil Qu’ran (MTQ) ke X Tingkat Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2021 telah ditutup. 

Acara penutupan sekaligus dirangkai dengan penyerahan hadiah berupa tropy, piagam dan uang pembinaan bagi para peserta yang berhasil meraih predikat juara. 

Sukses meraih juara umum pertama dalam kegiatan lomba tersebut, yakni Kafilah dari Kecamatan Kahayan Hilir.

Selanjutnya, disusul Kecamatan Pandih Batu sebagai juara umum kedua, dan Kecamatan Jabiren Raya sebagai juara umum ketiga.

Kegiatan MTQ digelar selama dua hari penuh sejak Sabtu-Ahad tanggal 11-12 Desember 2021 mengambil 5 tempat sebagai lokasi lomba, yakni Aula Mess Pemkab Pulang Pisau, Masjid Agung Arraudhah, Aula Kantor Kemenag Pulang Pisau, MAN I Pulang Pisau, dan MTsN I Pulang Pisau.

Camat Kahayan Hilir Osa Maliki yang juga selaku Ketua LPTQ Kecamatan Kahayan Hilir mengapresiasi kegigihan pembina dan pelatih serta official Kafilah Kahayan Hilir mengantarkan para peserta kafilah Kecamatan Kahayan Hilir hingga berhasil menjadi juara umum.

"Semua ini tidak lepas dukungan semua pihak, baik pembina dan pelatih, official dan pihak-pihak lainnya yang membantu kafilah Kecamatan Kahayan Hilir sehingga sukses meraih juara umum MTQ X Tingkat Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2021, atas nama Ketua LPTQ Kecamatan Kahayan Hilir memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya," ujar Osa, usai penutupan kegiatan, Ahad (12/12/2021).

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, KH Suriyadi dalam sambutannya mengucapkan syukur karena MTQ tahun ini dapat dilaksanakan. Padahal pada tahun sebelumnya di tahun 2020 pelaksanaan MTQ tidak dapat dilaksanakan akibat Pandemi Covid-19. 

"Jadi, kita merasa bersyukur karena tahun ini Covid-19 sudah melandai. Sehingga kita dapat melaksanakan MTQ ke-X Tingkat Kabupaten  Pulang Pisau," ucap beliau. 

KH Suriyadi, salah satu ulama panutan umat muslim di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini menambahkan, semoga dengan lantunan ayat suci Al-Quran di kegiatan MTQ tersebut, pandemi Covid-19 segera hilang di muka bumi pertiwi ini. 

"Berkat lantunan ayat suci Al-Quran semoga pandemi Covid-19 cepat lenyap di muka bumi, khususnya di daerah yang kita cintai ini," kata beliau yang diaminkan para peserta MTQ dan seluruh panitia pelaksana.

Ditambahkannya MTQ ke-X Tingkat Kabupaten  Pulang Pisau ini diikuti 198 peserta dari 8 kecamatan di wilayah kabupaten setempat. 

Sedangkan cabang MTQ yang dilombakan terdapat 34 cabang lomba antara lain, Cabang Tilawah Al Qur’an, Cabang Hifzh Al Qur’an, Cabang Musabaqah Makalah Al Qur’an (MMQ), Cabang Khath Al Qur’an, Cabang Syarh Al Qur’an, Cabang Fahmil Al Qur’an, Qira’at Sab’ah, dan Tartil Qur’an.[manan]


Lebih baru Lebih lama