Jempol, KPP Rejo Lestari Raih Best Practice Operasional

Jempol, KPP Rejo Lestari Raih Best Practice Operasional

KOTABARU, MK - Baru tiga bulan beroperasi, KPP Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Rejo Lestari Desa Tegalrejo sudah berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat.

TPS3R ini yang berlokasi di wilayah Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan ini tepatnya diapresiasi Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan.

Penghargaan diterima langsung oleh Ketua KPP Rejo Lestari, Mashudi, di Balroom Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Senin (6/12/2021).

Mashudi sangat bersyukur atas penghargaan dan apresiasi yang telah diberikan. Untuk operasional TPS sendiri pihaknya memanfaatkan iuran dari masyarakat. Selain itu, juga dapat tambahan dari penjualan kardus, besi dan aluminium.

"Alhamdulillah, kita didampingi oleh BUMDes Pesona Rejo Jaya dari awal hingga mendapatkan predikat terbaik di Kalsel. Ke depan, kita akan menjalin kerjasama dengan Indocement. Mudah-mudahan berjalan lancar dan sampah kita akan dibeli oleh Indocement," paparnya.

Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru, H Adi Noryanto menjelaskan, di Kotabaru ada tiga TPS3R, yaitu Tegalrejo, Sungai Taib, dan Sidomulyo.

"Yang diikutkan dalam lomba Tegalrejo dan Sidomulyo, dan alhamdulillah TPS3R Tegalrejo berhasil meraih penghargaan  Opersional TPS3R," terang Adi.

TPS3R Rejo Lestari sendiri melayani hampir 500 KK. Sampah yang dikumpulkan 1 sampai 1,5 ton per harinya. Dari Kementerian ada kucuran dana sebesar Rp600 juta yang dialokasikan untuk bangunan fisik dan infrastruktur lainnya. Sedang peran pemerintah daerah berupa supervisi.

"Tahun depan kita juga menganggarkan Rp100 juta untuk mereka, dan kita akan menanyakan keperluan mereka apa untuk dana tersebut, kemudian kita akan belikan sesuai permintaan atau kebutuhan mereka dan ini akan kita belikan," tutupnya.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama