Forum Damkar WSA Serahkan Bantuan Banjir HSU

KETUA Forum Damkar WSA Banjarmasin Utara, H Akhmad Gazali Rahman menyerahkan bantuan kepada korban banjir dan diterima langsung Ketua Predam HSU, Hanip Tanjung, sekitar pukul 01.00 dini hari Kamis (9/12/2021).

AMUNTAI, MK - Forum Pemadam Kebakaran (Damkar) Wilayah Sungai Andai (WSA) yang terdiri dari beberapa Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara, telah menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bantuan yang diserahkan pada Kamis (9/12/2021), berupa bahan makanan dan sembako untuk para korban bencana alam banjir di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Ini merupakan hasil dari donasi penggalangan dana yang dilakukan, oleh Forum Damkar WSA Banjarmasin Utara beberapa hari.

Sebelum keberangkatan penyerahan bantuan tersebut, rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua Forum Damkar WSA Banjarmasin Utara, H Akhmad Gazali Rahman, terkenal H Adul ini dilepas oleh Lurah Sungai Andai, Ahmad Dedy Fernandi.

Juga hadiri anggota DPRD Provinsi Kalsel Habib Ahmad Bahasyim, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Andai, Aiptu Andre dan para tokoh Damkar Kelurahan Sungai Andai.

Bantuan yang diserahkan H Adul, Ketua Forum Damkar WSA serta para relawan lainnya itu, langsung diterima oleh Ketua Persatuan Relawan dan Pemadam (Predam) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hanif Tanjung dan ketahui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU.

Ketua Forum Damkar WSA Banjarmasin Utara, H Adul mengatakan, bantuan yang diserahkan yang merupakan hasil donasi-donasi masyarakat, di saat pihaknya melaksanakan penggalangan dana bersama relawan Damkar Sungai Andai lainnya, dengan satu tujuan untuk meringankan beban warga di HSU tersebut.

Bantuan yang pihaknya serahkan ini diharapkan, agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat yang terdampak banjir ini, meskipun bantuan yang diberikan tidak besar.

"Mudah-mudahan bantuan yang tidak besar dapat meringankan beban warga yang terkena dampak banjir ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Predam Kabupaten HSU, Hanip Tanjung mengungkapkan, atas nama relawan dan masyarakat Kabupaten HSU mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diserahkan,dari Forum Damkar WSA Banjarmasin Utara ini, bertujuan untuk meringankan warganya yang saat ini terkena musibah banjir.

Dari bantuan yang diserahkan, berupa aqua, mei instant, tilur, beras, susu, gula dan kui kering tersebut sudah pihaknya jadi paket masing-masing dengan total sebanyak 403 paket.

Perlu ketahui juga, bantuan berupa aqua itu, pihaknya jadikan beras alasan terkendala transportasi apabila ke lokasi banjir tersebut.

"Jadi bantuan dari Forum Damkar WSA sudah kami dijadikan paket sebanyak 403 paket, sedangkan desa dalam pembagian paketnya kami tetap koordinasi dengan BPBD Kabupaten HSU," ungkapnya, kepada media ini saat mengikuti penyerahan tersebut. 

Plt Danramil 100108 Kecamatan Sungai Pandan, Serka TNI AD Muhammad Alfianoor menjelaskan, bantuan yang diserahkan ini ada sebagian yang diserahkan, namun ada juga yang belum dikarenakan kondisi desa terisolir, disebabkan transportasi jalan darat tidak dapat dilewati, khususnya Desa Pukat Atas dan Padang Bakal dan ini masih dalam kecamatan.

Akibat sulitnya transportasi darat dan bisa lewat sungai, maka kedua desa tersebut minim bantuan dan diketahui warganya sekarang sudah terserang penyakit, terutama penyakit kulit khususnya.

"Berkaitan dengan inilah warga yang terkena dampak banjir di HSU ini, selain dibutuhkan sembako serta obat-obatan juga diperlukan," jelasnya.[toso]


loading...