DP3 Banjarbaru dan BPPSDMP Kementan Kukuhkan P4S SAC sebagai Tempat Learning Farm dan Agroeduwisata

DP3 Banjarbaru dan BPPSDMP Kementan Kukuhkan P4S SAC sebagai Tempat Learning Farm dan Agroeduwisata

SESUAI Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 46 Tahun 2014, P4S merupakan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S). 

Karena itu, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Dinas Pertanian (Distan) berkewajiban membentuk dan membina P4S. 

Bertempat di Kelurahan Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, dilaksanakan pengukuhan Pengurus P4S Sekolah Alam Creative (SAC) .

Pengukuhan diresmikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Banjarbaru atas nama Walikota Banjarbaru 2 Desember 2021 lalu. 

Pengukuhan P4S ini di antaranya dihadiri Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, dan Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Selatan.

Juga Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, Perhiptani, KTNA Provinsi Kalimantan Selatan, SMKN-PP Banjarbaru, Dinas Pertanian Kota Banjarbaru, Camat dan Lurah se-Kota Banjarbaru, Danramil Banjarbaru, Babinkamtibmas, dan Kapolsek Landasan Ulin. 

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si menyampaikan, P4S didirikan oleh petani, dengan tujuan memberi edukasi pada petani lainnya, khususnya petani milenial. 

Selain itu, dalam sambutannya Kepala DP3 Banjarbaru mengharapkan agar pengurus P4S, KTNA dan Perghiptani yang baru dikukuhkan dapat bekerja dan berperan sesuai dengan tugasnya masing-masing. 

Ini sebagai upaya meningkatkan produksi pertanian khususnya di wilayah Kota Banjarbaru dengan konsep Urban Farmingnya. 

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan, pengembangan SDM, salah satunya diupayakan melalui P4S. P4S merupakan lembaga pelatihan yang didirikan, dimiliki dan dikelola oleh petani secara swadaya, baik perorangan maupun kelompok.

Selain itu P4S juga berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan SDM pertanian dalam bentuk pelatihan dan pemagangan dari oleh dan untuk petani serta masyarakat perdesaan. 

“Hal ini merupakan wujud nyata partisipasi aktif petani, khususnya petani maju yang usahanya layak dicontoh dan ditiru oleh petani lainnya dalam mempercepat penerapan teknologi baru,” katanya.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu fokus Kementan. 

“Salah satu fokus kita adalah meningkatan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian,” tegas Mentan Syahrul.

"Kerja-kerja pertanian itu adalah perintah Nabi dan Tuhan. Ia menembus langit, dan lintas transedenai. Menyediakan pangan sebagai sumber kehidupan adalah sesuatu yang mulia," kata pria yang akrab dipanggil Komandan ini.[tota/irfan/adv]


Lebih baru Lebih lama