Bupati Abdul Hadi Minta Kembangkan Potensi Pertanian untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Bupati Abdul Hadi Minta Kembangkan Potensi Pertanian untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani

PARINGIN - Bupati Balangan, H Abdul Hadi meminta para petani untuk terus proaktif dalam mengembangkan potensi pertanian. Ini guna tercapainya kesejahteraan dan membangun kemandirian pada petani.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada kegiatan tanam perdana kedelai di Desa Auh Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Senin (27/12/2021).

”Kita dibekali sumber daya alam yang melimpah termasuk lahan pertanian yang dapat kita kelola untuk menumbuhkan kesejahteraan dan membangun kemandirian," ujar Abdul Hadi.

Oleh karena itu, tambahnya, perlunya mengembangkan potensi pertanian yang ada, baik dengan cara mengembangkan ekstensifikasi yakni menambah luas tanam atau pun dengan intensifikasi yaitu upaya lahan yang ada bisa menumbuhkan hasil yang baik.

"Lahan yang memungkinkan dua atau tiga kali tanam, mari kita lanjutkan tanam baik itu dengan padi, kedelai, jagung maupun tanaman palawija lainnya," ajaknya.

Dengan mengoptimalkan lahan yang ada, menurutnya juga berdampak positif terhadap tingkat pendapatan pertani serta mampu memberikan kesejahteraan bagi petani.
 
"Kita juga meminta Dinas Pertanian dan para penyuluh agar proaktif, intensif dan sabar mendampingi para petani kita. Bimbing petani kita berikan pemahaman yang baik, supaya petani mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan serta kemandirian," tutupnya.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama