Sarpras Peralatan dan SDM Penanggulangan Bencana Perlu Ditingkatkan

KOTABARU, MK - Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif memimpin apel gelar kesiapsiagaan antisipasi dampak hidrometeorologi dari bencana alam. Apel digelar di halaman Siring Laut Kotabaru, Senin (22/11/2021).

Ia menyampaikan, hasil dari analisis BMKG dengan adanya peningkatan curah hujan di wilayah Kotabaru dikhawatirkan akan memunculkan potensi bencana alam seperti banjir dan longsor. 

"Kita tentunya menyadari bahwa bencana alam memang tidak dapat ditolak. Oleh sebab itu, bagaimana upaya kita semua untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin akan terjadi akibat bencana tersebut," katanya usai simulasi penanggulangan bencana.

Andi menyampaikan, wilayah Kotabaru dilihat dari aspek geografis memiliki potensi terjadi bencana alam yang cukup tinggi terutama tanah longsor dan banjir. 

"Kita juga tidak akan mengharapkan ini terjadi, namun untuk kesiapsiagaan dan kewaspadaan kita tetap harus dijaga, dan apabila sewaktu-waktu akan terjadi nantinya," tutur Andi.

Untuk itu, Ia berharap semua menyadari bahwa tanggap darurat bencana merupakan panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggung jawab bersama selaku masyarakat Kotabaru.

Ia juga berpesan kepada seluruh unsur elemen baik pemerintah daerah maupun Forkopimda, masyarakat dan para dunia usaha mari kita bersama-sama bergandengan tangan bersiap siaga terhadap segala kemungkinan terjadinya bencana.

"Dan untuk seluruh peralatan bisa kita tingkatkan seperti, alat pendeteksi, SDM, orang-orang yang berkecimpung di dunia penanggulangan bencana harus di upgrade dengan pengetahuan dan kemampuannya," jelas Andi.

Apa yang kita tingkatkan terhadap analisa potensi bencana yang akan terjadi, tentunya di dalam penanganan bencana akan tepat sasaran.

Andi berharap cuaca tetap bersahabat, dan dengan dibentuknya Tim Siaga Bencana paling sudah siap, termasuk peralatannya.[zainuddin]


loading...

Posting Komentar

0 Komentar