Rela Basah, Gubernur Kalteng Sambangi dan Bantu Warga Terdampak Banjir

Rela Basah, Gubernur Kalteng Sambangi dan Bantu Warga Terdampak Banjir

PALANGKA RAYA, MK - Rela basah-basahan menghalau banjir tidak menyurutkan semangat Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran bersama istrinya Ivo Sugianto untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga terdampak banjir di Kota Palangka Raya.

Sugianto dan rombongan itupun mendatangi satu persatu rumah-rumah warga sembari menyapa dan memberikan dorongan semangat.

"Tadi kami ke daerah Mendawai sembari menyerahkan bantuan sembako untuk wilayah itu dan sekitarnya. Setelah berbincang dan melihat kondisi warga secara langsung, kami ke wilayah Pelabuhan Rambang menyalurkan dua truk beras untuk membantu dapur umum dan lainnya untuk warga sekitar," katanya, Sabtu (20/11/2021).

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini meminta kepada Camat dan Lurah setempat untuk dapat menata penyaluran posko posko agar warga dapat terlayani dengan baik.

Dalam kunjungannya itu, Gubernur memberikan semangat dan dukungan moril kepada seluruh warga terdampak banjir yang ada di tempat-tempat pengungsian. 

Ia juga berpesan kepada seluruh warga untuk dapat menyikapi musibah yang kerap terjadi pada musim penghujan tersebut dengan sabar.

"Kita harus berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa agar bencana banjir ini segera selesai, air segera surut, dan bapak ibu serta saudara semua dapat kembali kerumahnya masing-masing," ucapnya.

Sugianto menjelaskan, pihaknya telah meminta kepada para pemerintah daerah dan satuan organisasi perangkat daerah untuk memerhatikan kenyamanan serta kesehatan para korban banjir di tempat-tempat pengungsian atau yang masih bertahan di rumah.

"Saya telah menginstruksikan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah dr Doris Sylvanus Palangka Raya untuk dapat melakukan jemput bola terhadap korban banjir yang dalam kondisi sakit," tegasnya.

Menurutnya, dalam kondisi darurat seperti sekarang ini kebutuhan pangan dan kesehatan masyarakat harus tetap menjadi prioritas Bupati ataupun Walikota yang wilayahnya terdampak bencana.

"Kita melihat kondisi warga yang sakit, langsung dibawa ke RS Doris untuk penanganan serta tim kesehatan yang dilapangan untuk memberikan bantuan pelayanan kesehatan. Kami Pemprov Kalteng terus berupaya untuk membantu warga secara bertahap, dan juga membantu daerah dalam upaya penanganan," bebernya.

Kemudian Gubernur, Wakil Gubernur, Danrem 102 Brigadir Jendral TNI Yudianto Putrajaya, Plt Sekda Provinsi Kalteng, Nuryakin berjalan kaki melihat kondisi warga di Komplek Rindang Banua dan Komplek Puntun dalam itu sembari mengitari banjir untuk menyerap aspirasi dan keluhan warga. 

"Kami mendengar keluhan warga, kemudian mengirimkan sembako hingga genset untuk penerangan, makanan ringan dan lainnya. Kami juga meminta warga untuk mempercayakan kepada pemerintah dalam upaya penanganan," tukasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama