Banjir di Pulang Pisau, Ini Pesan Ketua DPRD

Banjir di Pulang Pisau, Ini Pesan Ketua DPRD

PULANG PISAU, MK - Banjir masih melanda sejumlah Kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Sedikitnya ada 3 Kecamatan terendam banjir cukup parah. Bahkan Pemkab setempat sudah menetapkan tanggap darurat sejak 18 November hingga 1 Desember 2021.

Melihat kondisi tersebut, wakil rakyat daerah setempat yang juga sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau, H Ahmad Rifa'i berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat terdampak banjir agar terus menjaga kebersihan dengan memantau lingkungan sekitar yang telah ditinggalkan agar terbebas dari genangan air yang mengundang berkembangbiaknya nyamuk. 

"Cara itu tentu mampu mencegah terjadinya demam berdarah maupun malaria di saat banjir melanda," kata H Rifa'i sapaan Ketua DPRD Pulang Pisau kepada awak media ini, Sabtu (20/11/2021). 

Selain hal tersebut, lanjutnya, penyakit kulit di saat banjir secara umum juga kerap menyerang warga. 

"Ini karena air banjir yang kotor dan dapat tercampur dengan limbah, atau bahan kimia. Jadi, hindari sebisa mungkin untuk tidak berlama-lama dalam genangan air banjir," ucapnya berpesan. 

Ia menambahkan, disaat banjir ini pihaknya berharap untuk memastikan  ketersediaan air bersih guna membersihkan diri, dan air bersih untuk konsumsi sekeluarga. 

"Oleh karena itu, cara terbaik menghadapi banjir adalah menjaga kesehatan diri dan keluarga. Mari kita sama-sama berdoa, semoga musibah ini cepat berlalu dan ada solusi terbaik dari pemerintah agar ke depan musibah ini tidak terjadi," pungkasnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama