RAPBD Ditetapkan Menjadi APBD, Ini Kata Ketua DPRD Kotabaru

RAPBD Ditetapkan Menjadi APBD, Ini Kata Ketua DPRD Kotabaru

KOTABARU, MK - Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Kotabaru resmi ditetapkan menjadi Pendapatan Anggaran dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis menyampaikan, dewan telah menetapkan RAPBD menjadi APBD untuk pendapatan Kabupaten Kotabaru tahun 2022, di mana mengalami penurunan.

Menurutnya, ini dikarenakan transfer dari Pusat mengalami penurunan, di mana DD yang dulu didapatkan Rp35 milliar kini hanya Rp1,5 miliar.

"Kita mendapatkan sama rata seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan, mendapatkan Rp 1,5 milliar," ungkap Syairi usai Rapat Paripurna, Senin (22/11/2021).

Jadi penurunannya hampir Rp34 miliaran. Dari DAU ada penurunan dan DAK juga ada penurunan. DAK fisik yang dilihat untuk reguler jalan ada Rp39 milliar dan terkait dengan penurunan drastis.

Syairi berharap dengan disahkannya APBD ini, pemerintah daerah selaku teknis yang akan melaksanakan APBD, dan dewan selaku pengawasan mengharapkan tiap pekerjaan yang akan dilaksanakan pelelangan disahkan oleh SKPD secepatnya dilaksanakan.

"Kami mengharapkan dengan diluncurkan ini, perencanaan juga harus matang. Jangan sampai perencanaan APBD tersebut di kemudian hari akan begitu dikontrakkan sehingga banyak terjadi menghambat pekerjaan," paparnya.

"Melihat dari pengalaman tahun lalu, banyak APBD yang bersumber dari tahun ini dikeluarkan di tengah tahun, sehingga di awal tahun ini harus dilakukan agar pekerjaan lebih menunjang, tetapi begitu kontrak dilakukan pertengahan tahun untuk estimasi sangat pendek dan akhirnya difreskanlah waktunya," bebernya.

Kemudian dengan disahkannya APBD ini, dewan selaku pengawasan mengharapkan tiap pekerjaan yang akan dilaksanakan terutama pekerjaan yang besar segera disiapkan pelelangan.

"Dengan lelang cepat kita harapkan juga dibarengi dengan perencanaan yang matang agar tidak menghambat pekerjaan,” pungkasnya.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama