PAUD Memegang Peranan Penting dalam Pembangunan Bangsa

PAUD Memegang Peranan Penting dalam Pembangunan Bangsa

PALANGKA RAYA, MK - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengatakan, pendidikan anak usia dini tidak hanya memegang peranan yang penting dalam perkembangan anak pada masa yang akan datang, akan tetapi juga memegang peranan penting dalam pembangunan suatu bangsa.

Hal itu disampaikannya saat membuka secara resmi kegiatan Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD Kabupaten/Kota yang digelar secara secara virtual dari ASERNA Rujab Gubernur Kalteng, Kamis (11/11/2021).

Kegiatan tersebut merupakan program kerja Bunda PAUD Kalteng dalam rangka Peningkatan Akses dan Penguatan Pendampingan untuk satuan PAUD Tahun 2021.

"Untuk mendukung pemenuhan kebutuhan hak esensial anak yang meliputi hak akan pendidikan, kesehatan dan gizi, perlindungan, pengasuhan, dan kesejahteraan anak diperlukan pendekatan yang holistik dan integratif dengan melibatkan kerja sama satuan PAUD, keluarga, masyarakat, Pemerintah Daerah serta Pemerintah Pusat," kata Ivo.

Istri orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini berharap, melalui kegiatan Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD dapat tersusunnya rencana dan program koordinasi Bunda PAUD tingkat Kabupaten/Kota dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam hal membentuk serta mengesahkan atau mengukuhkan Pokja Bunda PAUD Kabupaten/Kota di Kalteng.

"Tidak kalah pentingnya adalah melakukan pendampingan terhadap satuan PAUD agar memiliki layanan PAUD berkualitas dalam perwujudan layanan PAUD Holistik Integratif," imbuhnya.

Diketahui, program pengembangan anak usia dini holistik integratif (PAUD-HI) ini merupakan sebuah upaya Pemerintah untuk menghadirkan layanan yang komprehensif dalam memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini. 

Program ini hadir sebagai wujud nyata kehadiran negara dalam pemenuhan hak anak. 

Melalui program ini juga diharapkan akan terjadi kerja sama lintas sektoral di pusat dan di daerah dalam pemenuhan kebutuhan esensial anak. 

Program ini juga merupakan upaya untuk mendorong adanya koordinasi antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menghadirkan layanan PAUD-HI di daerahnya masing-masing.

Hadir secara virtual dari tempat masing-masing, diantaranya Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Ahmad Syaifudi serta Bunda PAUD Kabupaten/Kota se-Kalteng.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama