Hasil Evaluasi BPPSDMP Kementan: Pelatihan Tingkatkan Pendapatan Petani di Wilayah Food Estate

PUSAT Pelatihan Pertanian (Puslatan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) telah berhasil menyelenggarakan Pelatihan di Wilayah Project Food Estate yang dimulai pada tahun 2020 lalu. 

Hal ini terpancar dari hasil Evaluasi Pasca Pelatihan yang dilakukan di beberapa titik yang telah dilatih, salah satunya di Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. 

Adapun Puslatan menggandeng Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang dalam melakukan rangkaian proses evaluasi dengan metode skala guttman level IV. 

Titik Kegiatan Evaluasi dilakukan serentak di masing-masing Kecamatan yang telah dilatih, yang berlokasi di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah. 

Enumurator pada Evaluasi di titik Kecamatan Bataguh berasal dari BBPP Binuang, yakni Budiono SP MM, Agus Sumantri SP dan M. Irfan Karuniawan S.Kom, serta Sahlani. 

Hasil evaluasi di Bataguh menunjukkan, Indeks Pendapatan Petani terbukti meningkat berkat Pelatihan yang telah diberikan melalui BBPP Binuang.

Kegiatan Evaluasi dilaksanakan bertepatan dengan hari pahlawan nasional, pada tanggal 10 November 2021. 

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si dalam kesempatan terpisah mengatakan, Evaluasi Pelatihan memberikan bukti bahwa pelatihan yang kami selenggarakan memberi dampak terhadap peningkatan produktivitas petani, nilai tambah petani, luas tanam, serta korporasi milik petani. 

Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi menyampaikan, Pelatihan harus tetap produktif menghasilkan SDM pertanian yang professional, berdaya saing dan berjiwa wirausaha tinggi. 

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian. 

“Salah satu fokus kita adalah meningkatkan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian,” ujar SYL.[agus/irfan/adv]
loading...