Debit Air di Ruas Jalan Tumbang 18 Sentimeter, Lalu Lintas Berjalan Aman

Debit Air di Ruas Jalan Tumbang 18 Sentimeter, Lalu Lintas Berjalan Aman

PULANG PISAU, MK - Kondisi banjir yang menggenangi ruas jalan Trans Kalimantan di kawasan Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Tengah), terus menurun. 

Dari laporan terbaru pos lapangan (poslap), Jumat (26/11/2021), sore ketinggian air turun drastis hingga tersisa 18 sentimeter, dan arus lalu lintas berjalan aman, lancar dan terkendali. 

"Iya dari pantauan pos pam banjir Desa Tumbang Nusa Debit air 18 sentimeter, dan untuk lalu lintas berjalan aman, lancar dan terkendali," ujar koordinator pos lapangan (Korlap) Bencana Banjir Kabupaten Pulang Pisau, Rakhmat Kartolo kepada awak media ini. 

Selain itu, disampaikan Rakhmat, Posko Penanggulangan Banjir, tepatnya di dapur umum Desa Tumbang Nusa telah dikunjungi Komisi III DPRD Provinsi Kalteng. 

Kunjungan Anggota DPRD Kalteng Komisi III itu, dalam rangka peninjauan lokasi terdampak bencana banjir yang juga melanda wilayah Kecamatan Jabiren Raya. 

"Saat kunker Komisi III tadi, ada beberapa hal yang menjadi catatan penting dari berbagai aspirasi yang telah disampaikan oleh pihak muspika bersama pemerintah desa setempat," kata Rakhmat.

Adapun catatan penting yang disampaikan saat kunker Komisi III DPRD Provinsi Kalteng itu, sebagai berikut;

1. Bahwa untuk menindaklanjuti program rehab/rekonstruksi jalan desa dapat diusulkan melalui BPBD Kab. Pulpis berupa data dan informasi yg akurat termasuk data korban, fasum, dan perumahan masyarakat yg terdampak untuk diteruskan ke BPBD Provinsi ke BNPB untuk mendapatkan anggaran rehab/rekon dri pusat pasca bencana.

2. Mengusulkan agar Pemprov Kalteng segera melakukan kajian agar mengatasi kejadian banjir terulang.

3. Mengapresiasi peran dari Pemerintah Daerah/TNI/Polri/Relawan selama masa tanggap darurat berlangsung.

4. Membawa ke Forum RDP maupun Badan Anggaran DPRD terkait Normalisasi Elevesi jalan Trans Kalimantan di Lokasi Desa Tumbang Nusa untuk ditindak lanjuti Pemerintah Pusat melalui Balai Besar Jalan Kawasan Regional Kalimantan.

Sementara perlu diketahui saat ini, untuk perkembangan kondisi banjir di Desa Tumbang Nusa akan menyusul lebih lanjut. 

Saat ini, seluruh pengungsi terdampak banjir pun sudah pulang ke rumah masing-masing, hingga secara umum masih dalam kondisi aman dan kondusif.[manan]


Lebih baru Lebih lama