BBPP Binuang Evaluasi Pasca Pelatihan di Tanah Laut

BADAN Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang telah melaksanakan berbagai pelatihan di Kalimantan melalui pembiayaan dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Untuk melihat sejauhmana tingkat efektivitas empat jenis pelatihan yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, BBPP Binuang melakukan kegiatan evaluasi pasca pelatihan di lokasi-lokasi, di mana pelatihan tersebut telah dilaksanakan. 

Evaluasi pasca pelatihan dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 26 November 2021 di empat lokasi pelatihan, yaitu di BPP Takisung, BPP Panyipatan, BPP Pelaihari dan BPP Batu Ampar.

Pengumpulan data dan informasi penerapan hasil pelatihan oleh purnawidya menggunakan teknik wawancara dan pengisian kuesioner yang sudah disiapkan. Target responden adalah semua purnawidya pelatihan. 

Adi Widiyanto, salah satu enumerator menjelaskan, tujuan evaluasi pasca pelatihan ini adalah untuk mengetahui sejauhmana tingkat penerapan hasil pelatihan dan menggali informasi apakah pelatihan yang telah diikuti oleh purnawidya memberikan dampak terhadap usaha tani yang dilaksanakan oleh purnawidya maupun masyarakat sekitarnya. 

“Pada kegiatan evaluasi pasca pelatihan ini kami ingin mengetahui apakah materi pelatihan yang pernah diikuti oleh responden telah diterapkan. Selain itu, juga ingin dilihat apakah dampak pelatihan dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap usaha taninya,”ujar Adi lebih lanjut. 

Dalam kesempatan terpisah, Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si. menyampaikan, hasil pelatihan yang sudah dilaksanakan tidak cukup hanya diterapkan oleh purnawidya, tetapi juga memberikan hasil berupa peningkatan produktivitas pada usaha tani yang dijalankan oleh purnawidya. 

Melalui kegiatan evaluasi pasca pelatihan diharapkan dapat diperoleh hasil yang sesuai dengan harapan, di mana menunjukkan bahwa pelatihan yang telah dilaksanakan memberikan manfaat dan dampak terhadap kegiatan usaha tani yang dijalankan oleh purnawidya.[adv] 


loading...