Termasuk Wilayah Rawan Bencana, DPRD Kota: Perkuat Mitigasi Bencana

Termasuk Wilayah Rawan Bencana, DPRD Kota: Perkuat Mitigasi Bencana

PALANGKA RAYA, MK - Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya dan masyarakat setempat diminta untuk bersama meningkatkan mitigasi bencana. 

Hal tersebut dilakukan, kata Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Norhaini untuk meminimalisir jatuhnya korban dan resiko lainnya.

"Perlunya penguatan mitigasi kebencanaan itu adalah sebagai kesiapan apabila bencana alam terjadi sewaktu-waktu maka bisa diantisipasi secara dini serta meminimalisasi jumlah korban," ungkapnya, Jumat (29/10/2021).

Legislator Partai Golkar ini meminta Pemkot agar lebih siap dalam menghadapi kemungkinan adanya bencana alam dengan menyiapkan personel, sarana dan prasarana serta pemetaan bencana.

"Daerah kita ini termasuk wilayah yang rawan bencana, saat bencana datang maka apa yang perlu dilakukan dan tindakan apa supaya masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah," imbuhnya.

Menurutnya, mulai dari perencanaan hingga alokasi anggaran perlu dilakukan dengan matang, mengingat upaya melakukan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana sangat memerlukan dukungan rencana aksi serta anggaran.

Kemudian, sosialisasi dan edukasi mitigasi bencana juga harus menjadi urusan pemerintah melalui instansi terkait yakni seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi-instansi terkait lainnya.

"Diharapkan urusan mitigasi bencana ini harus mampu menjangkau seluruh elemen masyarakat, termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus peduli dengan lingkungannya," harapnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama