Poktan Binaan Arutmin Kintap Panen Buah Melon Sebanyak 6 Ton

Poktan Binaan Arutmin Kintap Panen Buah Melon Sebanyak 6 Ton

PELAIHARI, MK - PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap terus berpartisipasi aktif dalam rangka meningkatkan pendapatan kelompok petani (Poktan) binaan.

Poktan Muda Berkarya Desa Kebun Raya merupakan salah satu binaan yang baru bergabung dengan Arutmin pada awal tahun 2021.

Bersama Koperasi Kintap Mandiri Sejahtera yang turut memberikan bantuan permodalan kepada Poktan untuk budidaya tanaman hortikultura dan sayuran. Selain fasilitasi permodalan, Arutmin juga menyiapkan lahan untuk digarap petani seluas 4 Ha. Panen perdana Buah Melon Kelompok Tani Muda Berkarya. Ada 2 jenis buah melon yang ditanam yaitu Melon Madu dan Melon Orange.

Kami bersyukur dengan lahan seluas 0,5 H dapat menghasilkan Buah Melon sekira 6 ton. Panen perdana ini sangat memuaskan, "Mengingat curah hujan dengan intensitas sedang-tinggi sering mengguyur daerah di Kintap dan sekitarnya" kata Edy selaku petani melon anggota Poktan Muda Berkarya, Jumat (1/10/2021)

Ia tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Arutmin Kintap karena telah mendampingi dan memfasilitasi lahan yang dapat dikelola untuk bertanam, serta melalui wadah koperasi binaan Arutmin Site Kintap yaitu Koperasi Kintap Mandiri Sejahtera (Koki Mantera) yang  telah membantu secara pembiayaan dengan mekanisme bagi hasil yang menguntungkan kepada para petani.

Secara terpisah Rizki Habibie, mewakili Kepala Teknik Tambang PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap menjelaskan,  panen raya melon ini merupakan hasil dari kerja keras untuk selalu berpikir positif, dalam mengolah potensi lahan yang ada menjadi lahan yang lebih produktif dan bermanfaat.

"Semoga hasil panen ini menjadi barokah dan bermanfaat bagi keluarga besar Poktan Muda Berkarya. Sinergi antara kelompok tani, perusahaan maupun koperasi yang berjalan dengan baik serta maju diharapkan akan meningkatkan kualitas hidup warga di lingkar tambang"harapnya.

“Terima kasih atas semua pihak yang terlibat. Slogan Petani Berdikari, bangsa makmur jika petani makmur harus diwujudkan dan digalakkan kepada generasi millenial,”pungkasnya.[adv/andra]


Lebih baru Lebih lama