Pemerintah Harus Perhatikan Rumah Nakes dan Guru

Pemerintah Harus Perhatikan Rumah Nakes dan Guru

BUNTOK, MK - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel)  Provinsi Kalimantan Tengah, Hermanes meminta agar Pemkab Barsel memperhatikan adanya rumah guru maupun rumah tenaga kesehatan di wilayah pedesaan agar layak.

"Pemerintah daerah harus lebih serius lagi memperhatikan rumah dinas guru dan tenaga kesehatan," pintanya, Selasa (26/10/2021). 

Dengan fasilitas memadai, masyarakat dapat terbantu. Karena itu, tentu pemerintah daerah harus memantau lebih cermat terutama dinas terkait agar hal ini dapat segera ditindaklanjuti.

Ini, lanjutnya, agar pelayanan prima dapat diberikan kepada masyarakat. Dengan adanya rumah dinas ini juga dapat mengantisipasi alasan para petugas medis maupun guru-guru yang bertugas di desa-desa terpencil.

Dengan demikian, tidak ada kata terpaksa petugas harus pulang pergi dari Kota Buntok ke tempat kerjanya.

"Pemda itu jangan cuma mengharapkan tenaga kesehatan dan guru untuk lebih aktif bertugas di pedesaan. Akan tetapi juga Pemda harus lebih memikirkan tempat tinggal dan nasibnya selama bertugas di wilayah pelosok,” ucap Hermanes.

Menurut wakil rakyat ini, selama dirinya melaksanakan reses atau berkunjung ke pedesaan, kerap kali mendapat aspirasi dari masyarakat serta melihat langsung kondisi rumah dinas guru dan tenaga kesehatan di wilayah pedesaan sudah sangat memprihatinkan.

Hal itu karena beban kerja yang diemban petugas di pedesaan jauh lebih berat dari pada di perkotaan. 

“Janganlah disamakan penghasilan yang bertugas di pedesaan dan di perkotaan, bila perlu harus diberi perhatian khusus bagi yang bertugas di pedesaan,” pungkasnya.[deni]


Lebih baru Lebih lama