Kementan akan Gelar Agriculture Job Fair Banjarbaru

Kementan akan Gelar Agriculture Job Fair Banjarbaru

KEMENTERIAN Pertanian dibawah komando Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, pertanian memberikan peluang kerja yang cukup besar dan selalu menekankan pentingnya untuk terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri.

“SDM pertanian yang andal dan berkualitas, profesional, dan berdaya saing menjadi faktor penting pembangunan pertanian di Indonesia,” ujarnya.

Mentan SYL meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

“Melalui pendidikan vokasi, kita menghubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru,” ujarnya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan, petani milenial merupakan ujung tombak pembangunan pertanian.

“Kalian harus menjadi qulified job seekers dan job creator. Kalian harus bisa menjadi SDM Pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing, dan berjiwa enterpreneurship yang tinggi. Karena hal itu akan mampu menggenjot kreativitas pertanian. Mampu menggenjot ekspor,” katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian melalui BPPSDMP akan menggelar agriculture job fair atau bursa kerja pertanian di 4 Provinsi pelaksana Program Yess, di mana salah satunya ada di Kalimantan Selatan. 

Bekerjasama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD), Bursa Kerja Pertanian di Kalimantan Selatan akan digelar di SMK-PP Negeri Banjarbaru, yang juga sebagai Unit Pelaksana Teknis dari Kementerian Pertanian.

Nantinya Bursa Kerja Pertanian di Banjarbaru akan di gelar di Halaman Kampus SMK-PP N Banjarbaru, tepatnya di Jalan Putri Junjung Buih atau Jl. Panglima Batur No. 15, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. 

Bursa Kerja ini dilakukan secara offline dan online, dimana peserta bisa mendapatkan informasi dan mendaftar melalui link: https://agrijobfairkalsel.com.

Bursa Kerja Pertanian kali ini akan mengundang perusahaan-perusahaan yang ada di Kalimantan Selatan yang bergerak di sector pertanian dan perkebunan. 

Selain itu, di Bursa Kerja Pertanian akan digelar Penandatanganan Kerjasama dengan beberapa perusahaan.

Rencananya Bursa Kerja Pertanian ini akan dihadiri Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, serta wakil dari IFAD, Ivan Cossio Cortez selaku Country Director Head of the South East Asia and Pacific Hub IFAD. Maka, segera daftar melalui https://agrijobfairkalsel.com dan kemudian kunjungi Bursa Kerja Pertanian di SMK-PP N Banjarbaru.[adv]

Penulis : Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru
Lebih baru Lebih lama