Direktorat Pangan dan Bappenas Kunker ke Kawasan Food Estate di Pulang Pisau

PULANG PISAU, MK - Tim Direktorat Pangan dan Pertanian Kementerian  PPN atau Bappenas melakukan kunjungan (kunker) lapangan dikawasan Food Estate di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), tepat di Desa Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu (9/10/21).

Kedatangan tim tersebut didampingi Sekretaris  Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau, Hendri Arroyo bersama Kabid Ekonomi, Sosial dan Budaya (Ekososbud) Bappedalitbang kabupaten setempat, M Isnaeni.

"Kunker tim itu untuk pelaksanaan pemutakhiran rencana pengembangan Food estate Pulang Pisau dan Kapuas," kata Hendri sapaan akrabnya kepada awak media ini.

Dijelaskan Hendri, kunker pihaknya tersebut upaya membangun perangkat platform sistem ketahanan pangan Nasional berbasis korporasi petani dan food estate, serta pembuatan dokumen design induk pembangunan Kawasan Food Estate Nasional (master plan) yang dilakukan turun langsung ke lokasi atau lapangan sebagai bentuk pendekatan pengembangan kawasan pertanian secara terintegrasi. 

Menurutnya, kunker tim itu selain melakukan kunjungan ke lokasi (Food Estate) tersebut juga untuk memahami secara langsung lanskap terkini di kawasan Food Estate yang ada di 2  kabupaten, yakni Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

"Tim mereka melakukan validasi platform sistem ketahanan pangan nasional berbasis korporasi petani dan food estate, serta membangun skenario pengguna dan penggunaannya antar lembaga/instansi terkait," tuturnya mengungkapkan. 

Ia menambahkan bahwa output yang diharapkan dari kunker ini agar tersedianya dokumen design induk pembangunan Food Estate Nasional dengan melakukan pendekatan pengembangan kawasan pertanian secara terintegrasi, hulu hilir.

"Ini upaya kita menerapkan pertanian presisi dan keberlanjutan meliputi aspek sosial, lingkungan, dan keanekaragaman hayati," bebernya.[manan]


loading...

Posting Komentar

0 Komentar