Warga Bantaran DAS Kahayan Diminta Waspada Terhadap Banjir

Warga Bantaran DAS Kahayan Diminta Waspada Terhadap Banjir

PALANGKA RAYA, MK - Ketinggian debit air Sungai Kahayan belakangan ini hampir masuk permukiman warga yang tinggal di bantaran sekitaran sungai.

Agar tidak terjadi apa-apa, anggota DPRD Kota Palangka Raya, Jum'atni, mengimbau warga yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan untuk selalu waspada dengan meningkatnya debit air sungai tersebut.

"Ketinggian debit air Sungai Kahayan belakangan ini, hampir masuk permukiman warga yang tinggal di bantaran sekitaran sungai," ungkapnya, Kamis (2/9/2021).

Ia mengajak warga agar waspada akan terjadinya hal yang tak terduga, seperti banjir yang secara tiba-tiba terjadi, itu harus menjadi perhatian semua.

"Intinya tetap waspada, terutama bagi warga yang berada di sekitar aliran sungai seperti pada komplek pemukiman di Jalan Mendawai dan pemukiman dikawasan Pahandut," imbuhnya.

Ia mengharapkan kepada Pemerintah melalui instansi terkait untuk terus memantau dan memonitor serta tanggap dengan kondis DAS. 

Bahkan, lebih baiknya harus pro aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar aliran sungai untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

Meski, tambahnya, hal semacam ini sudah biasa terjadi, namun tetap saja warga diminta jangan lengah agar tidak terjdi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Anak-anak utamanya untuk selalu dipantau oleh orangtua, terlebih lagi wilayah yang sudah tergenang air. Karena pada tahun sebelumnya akibat kelengahan orangtua terjadi hal buruk pada anak akibat banjir," tutupnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama