Simbolis, Bupati Pulang Pisau Serahkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir

Simbolis, Bupati Pulang Pisau Serahkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir

PULANG PISAU, MK - Bupati Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), Pudjirustaty Narang, menyerahkan secara simbolis bantuan untuk 2 wilayah terdampak banjir tahunan di wilayah kabupaten setempat, yakni Kecamatan Kahayan Tengah dan Banama Tingang.

Penyerahan bantuan oleh orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat itu, dipusatkan di Desa Tanjung Sangalang,  Kecamatan Kahayan Tengah, Senin (13/9/2021) sore.

Dalam penyerahan tersebut, Taty sapaan akrab Bupati Pulang Pisau turut didampingi Sekda Pulang Pisau, unsur Forkopimda, Kepala Dinas Sosial dan pejabat lainnya dilingkungan Pemkab Pulang Pisau. 

"Dari data yang ada sebanyak 30,3 ton beras untuk 5428 jiwa warga terdampak akibat terjadinya bencana alam berupa banjir tahunan yang hingga kini debit air masih cukup tinggi  berupa meningginya debit air di dua wilayah tadi," ucap Taty kepada sejumlah awak media. 

Menurutnya, bantuan tersebut diserahkan ke penerima dengan fasilitator dari pemerintah desa setempat dan diharapkan dapat meringankan beban masyarakat terdampak.

"Semoga bantuan ini bermanfaat, kita juga ambil menunggu normalnya aktivitas masyarakat, karena banjir tahun ini tergolong cukup membuat aktivitas lumpuh yang disebabkan jalan lintas Trans Kalimantan masih belum dapat dilewati karena terdampak banjir," katanya.

"Selain itu ada juga bantuan bahan makanan lainnya, untuk masyarakat terdampak dilakukan," tambah Taty.

Terpisah, Kepala dinas Sosial Pulang Pisau, Eknamensi Tawun berharap banjir yang terjadi tetap membuat masyarakat waspada, dan kehadiran pemerintah untuk membantu kebutuhan pokok tidak lain bentuk keperdulian dalam rangka bersama memberikan solusi gun meringankan beban masyarakat terdampak.

"Melalui aparat desa setempat seluruh bantuan akan segera disalurkan, karena makanan bahan yang akan diberikan masyarakat semua sudah siap," ujar Tawun.

"Tadi kita juga mendampingi Ibu Bupati Pudjirustaty Narang menyerahkan bantuan secara simbolis bagi masyarakat terdampak banjir di 2 wilayah yang selanjutnya melalui aparat desa bantuan segera didistribusikan ke penerima," tutupnya.

Perlu diketahui, jumlah penerima bantuan sebanyak 30.396,8 kg atau 30,3 ton untuk 5428 jiwa itu dengan rincian beras 0,4g per jiwa dikali 14 hari dengan sasaran Kecamatan Kahayan Tengah sebanyak 3 desa, yakni Tanjung Sangalang, Penda Barania dan Balukon sedangkan untuk wilayah Kecamatan Banama Tingan terdapat 9 desa, yakni Pahawan, Ramang, Hanua, Hurung, Tambak, Lawang Uru, Bawan, Goha dan Tangkahen.[manan]


Lebih baru Lebih lama