Bersama Kapolres, Bupati Pulang Pisau Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kahayan Tengah

Bersama Kapolres, Bupati Pulang Pisau Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kahayan Tengah

PULANG PISAU, MK - Bupati Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), Pudjirustaty Narang menyerahkan bantuan sembako kepada para warga korban terdampak banjir sejumlah desa di wilayah di Kecamatan Kahayan Tengah.

Warga desa terdampak banjir yang menerima bantuan, yakni Desa Tanjung Sanggalang, Penda Barania dan Desa balukon. 

Penyerahan yang dipusatkan di Kantor Desa Tanjung Sanggalang, Senin (13/9/2021) sore itu didampingi Kapolres Pulang Pisau, AKBP Kurniawan Hartono, Direktur RSUD Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo, Kepala Dinas Sosial, Eknamensi Tawun, Kalaksa BPBD Pulang Pisau, Salahudin, dan Plt Kepala Dinas Kesehatan drg Sopiyah.

"Untuk korban terdampak banjir di Kahayan Tengah ini berupa sembako. Ada 168 paket sembako yang akan diserahkan, untuk Desa Tanjung Sanggalang sebanyaj120 paket, Penda Barania 41 paket dan 7 paket di Desa Balukon," kata Tata sapaan akrab Bupati Pulang Pisau. 

"Saya juga berharap adanya bantuan sembako ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir, khususnya di Kecamatan Kahayan Tengah. Untuk Banama Tingang juga nanti akan disalurkan," tambah Taty. 

Perlu diketahui, sejak pekan lalu dua kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, yakni Kahayan Tengah dan Banama Tingang terjadi banjir musiman hingga lumpuhnya aktivitas masyarakat yang berdampak pada perekonomian warga di dua kecamatan tersebut .

Perlu diketahui pula, selain di Kabupaten Pulang Pisau. Banjir juga terjadi di sejumlah wilayah di daerah Kabupaten Katingan (Kasongan) Provinsi Kalimantan Tengah.

Terpisah, Kadinsos Pulang Pisau, Eknamensi Tawun melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Leonard Tekasa kepada awak media ini mengatakan, selain bantuan berupa sembako (beras, mie instan dll). Pihaknya Dinsos juga menyiapkan dapur umum di dua lokasi terdampak banjir.

"Dari provinsi juga ada bantuan. Karena ini masih siaga darurat bukan tanggap darurat jadi yang disiapkan Pemkab Pulpis menyalurkan bantuan beras yang bersumber dari Kemensos melalui Bulog, dan sebagian sudah salurkan," ujarnya.

Diungkapkan Leo, banjir yang melanda di dua kecamatan, baik Banama Tingang maupun Kahayan Tengah ini dengan jumlah terdampak  sebanyak 5.428 jiwa. 

"Khusus untuk Kecamatan Banama Tingang bantuan sembako (beras) dapat disalurkan jika kondisi jalan dapat dilalui truk ke lokasi terdampak di Banama Tingang," tukasnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama