Luapan Sungai Kahayan dan Rungan Rendam 12 Kelurahan di Palangka Raya

Luapan Sungai Kahayan dan Rungan Rendam 12 Kelurahan di Palangka Raya

PALANGKA RAYA, MK - Berdasakan data rekapitulasi Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops), di Palangka Raya tercatat ada 12 Kelurahan yang terdampak banjir.

"Iya benar, ada 12 Kelurahan di Kota Palangka Raya ini telah terdampak banjir," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Emi Abriyani, Selasa (14/9/2021).

Diuraikannya, 12 Kelurahan yang terdampak banjir tersebut, diantaranya, Kelurahan Pahandut, Langkai, Tanjung Pinang, Pahandut Seberang, Tumbang Rungan.

Kemudian, lanjutnya, Kelurahan Palangka, Bukit Tunggal, Petuk Ketimpun, Kameloh Baru, Danau Tundai, Bereng Bengkel dan Kelurahan Marang.

"Kelurahan yang terdampak banjir ini rata-rata berada pada kawasan penduduk di dekat daerah bantaran aliran sungai," jelasnya.

Masih dari data rekapitulasi sementara Pusdalops, ungkapnya, dimana dari 12 Kelurahan terdampak banjir itu secara keseluruhan mencakup sebanyak 27 RW, 95 RT. Sementara warga yang terdampak langsung banjir tercatat sebanyak 2.948 warga.

"Tim BPBD Kota Palangka Raya bersama para relawan telah mendirikan posko kesehatan, posko pengungsian dan posko relawan serta pendistribusi air bersih," bebernya.

Banjir yang terjadi di kawasan penduduk di dekat DAS di Kota Palangka Raya, tambahnya, lebih disebabkan karena luapan air Sungai Kahayan dan Sungai Rungan.

"Banjir ini merupakan banjir kiriman seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya," tandasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama