Legislator Minta Waspada Potensi Banjir di Palangka Raya

Legislator Minta Waspada Potensi Banjir di Palangka Raya

PALANGKA RAYA, MK - Dalam beberapa hari belakangan ini, banjir yang melanda di sejumlah wilayah Provinsi Kalimantan Tengah menjadi sorotan.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengatakan bahwa kondisi banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Kalteng tersebut harus disikapi, terutama mewaspadai potensi terjadinya hal serupa di wilayah Kota Palangka Raya.

Ia berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya harus mewaspadai potensi banjir, serta mempunyai solusi dalam pencegahan penanganan menghadapi banjir.

Dicontohkan, kawasan di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kota Palangka Raya, dimana pemerintah setempat melalui instansi terkaitnya seperti BPBD harus memantau secara intens kondisi debit air, mengingat kawasan DAS termasuk berpotensi rawan terjadinya banjir.

"Begitupun halnya Dinas Sosial agar dapat bersinergi. Terutama untuk memikirkan kedepannya cara mengatasi dampak bila terjadi banjir," kata Politisi PDI Perjuangan ini, Senin (6/9/2021).

Tambahnya, intinya instansi teknis di lingkup Pemkot harus dapat melakukan kesiapan dini apabila ke depannya banjir melanda di wilayah Palangka Raya, yakni kesiapan dalam melakukan evakuasi untuk engamanan dan keselamatan masyarakat.

"Pada dasarnya ada kesiapan dalam menghadapi dampak terburuk ataupun dampak sosial manakala musibah terjadi," tukasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama