Banjir Kalteng Meluas, Tujuh Desa di Kapuas Mulai Tergenang

Banjir Kalteng Meluas, Tujuh Desa di Kapuas Mulai Tergenang

KUALA KAPUAS, MK - Setidaknya 7 desa di 2 wilayah kecamatan di Kabupaten Kapuas kini mulai tergenang.

Pusdalops PB BPBD Kapuas melaporkan genangan air di 7 desa terjadi sejak Minggu 5 September 2021, banjir musiman ini melanda 3 desa di Kecamatan Kapuas Tengah yakni Desa Pujon, Bajuh dan Desa Marapit.

Di Kecamatan Pasak Talawang, banjir terjadi di Desa Kaburan, Batu Sambung, Jangkang dan Desa Hurung Kampin.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, Kamis (9/9/2021) menyampaikan, banjir akibat curah hujan dengan intensitas yang tinggi sehingga terjadi luapan pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas. 

"Pada awal bulan September 2021 terjadi hujan dengan intentitas yang tinggi di wilayah Kecamatan Kapuas Tengah dan Kecamatan Pasak Talawang. Terjadi luapan DAS kapuas yang mengakibatkan terendamnya beberapa titik akses jalan desa," kata Panatan Sinaga.

Lanjutnya, berdasarkan laporan yang himpun dari camat dan Kepala desa, air menggenang 7 titik akses jalan desa dengan tinggi muka air mulai dari 10 cm hingga 40 cm.

"Saat ini Kita sudah berkoordinasi 
dengan pihak terkait di setiap desa dan Kecamatan," ujarnya.

Selain itu, PB Pusdalops BPBD Kapuas melakukan pemantauan bencana banjir dan potensi banjir susulan. 

Kondisi terkini dari laporan yang diterima pada tanggal 08 September 2021 sekitar pukul 16:00 WIB kondisi tinggi muka air di Kecamatan Kapuas Tengah dan Kecamatan Pasak Talawang berangsur surut. 

Berdasarkan laporan dari camat untuk sementara tidak ada rumah dan fasilitas umum yang terendam banjir hanya menggenang beberapa titik akses jalan desa.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama