Aset Pamsimas Desa dan Kecamatan di Bartim Harus Dimanfaatkan Maksimal

Aset Pamsimas Desa dan Kecamatan di Bartim Harus Dimanfaatkan Maksimal

TAMIANG LAYANG, MK - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMSos) Kabupaten Barito Timur (Bartim), Barnusa mengharapkan aset  Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang sudah ada di Desa dan Kecamatan agar dapat dimanfaatkan dengan maksimal. 

Hal tersebut disampaikan Barnusa saat membuka kegiatan pelatihan Pamsimas Bartim bagi aparatur Desa dan Kecamatan di Aula Hotel Ade Tamiang Layang, Rabu (29/92021).

"Saya berharap aparat Desa dan Kecamatan yang sudah memiliki aset Pamsimas agar bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, sehingga bisa berjalan," ucapnya.

Dilanjutkannya, Pamsimas yang menangani sarana air bersih dan sanitasi otomatis berkaitan dengan pola hidup bersih dan sehat. 

Menurutnya, selama ini kelemahan Pamsimas di desa terletak pada pengelolaan, jadi sangat penting memberikan pelatihan dan edukasi kepada pengelola Pamsimas itu sendiri. 

Harus mengerti pengelolaannya, uraianya, baik itu peralatannya, seperti pipa dan peralatannya lainnya. 

Memang, tambahnya, yang namanya kelompok kadang-kadang biasanya itu saling menunggu, jadi harus ada tanggungjawab dalam pemeliharaan aset.  

"Saya berharap dengan adanya pelatihan Pamsimas bagi aparatur Desa dan Kecamatan ini, aset-aset bisa dimanfaatkan dengan baik dan ada tanggungjawab pemeliharaannya," pungkasnya.[linda]


Lebih baru Lebih lama