Ular Kerap Masuk Rumah, Damkar BPBD Pulpis Ingatkan Warga untuk Berhati-hati

Ular Kerap Masuk Rumah, Damkar BPBD Pulpis Ingatkan Warga untuk Berhati-hati

PULANG PISAU, MK - Beberapa bulan terakhir ini,  dikabarkan berbagai jenis ular mulai tak berbisa hingga berbisa kerap memasuki rumah warga di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kabar tersebut disampaikan langsung Kabid Damkar BPBD Pulang Pisau, Marto Kepada awak media ini, Selasa (17/8/2021).

"Akibat kemunculan ular tersebut membuat sejumlah pemilik rumah merasa khawatir, hingga  melaporkan ke Tim Damkar setempat," ujar Marto.

Menurut Marto, kemunculan ular di dalam rumah bisa disebabkan oleh kebersihan lingkungan. Artinya, dilingkungan rumah banyak semak atau rerumputan rindang. 

"Selain itu bisa juga akibat curah hujan atau karena habitatnya terganggu. Jadi, kita harapkan warga untuk membersihkan lingkungan sekitar dan tetap berhati-hati," katanya berpesan.

Untuk penanganan dari Tim Damkar BPBD Pulang Pisau sendiri, tambah Marto, pihaknya stay di kantor BPBD setempat.

"Kalau ada melihat ular di dalam rumah jangan mengambil tindakan sendiri, segera melapor ke kantor kita, disitu ada tim kita yang jaga. Dalam penanganannya Tim kita sendiri dibekali grab stik untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan saat mengevakuasi reptil jenis ular," ucap Marto kembali berpesan.

"Kemarin kita juga barusan mendapat laporan dari salah satu warga di Gang Lusian A Garuda. Dimana pelapor melihat ada ular di dalam plafon WC, dan sebelumnnya juga penanganan di sejumlah komplek perumahan di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir," tambahnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama