Tingkatkan Harga dan Hasil Karet Berkualitas, Petani Karet di Balangan Bentuk UPPB

Tingkatkan Harga dan Hasil Karet Berkualitas, Petani Karet di Balangan Bentuk UPPB

PARINGIN, MK - Petani karet di Balangan  membentuk Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB). Hal tersebut guna membantu petani dalam meningkatkan hasil dan kualitas karet yang baik.

Kasi Pengolahan Pemasaran Hasil Perkebunan Dinas Pertanian (Distan) Balangan, Ahmad Asmadi mengatakan, total UPPB yang tersebar di Kabupaten Balangan mencapai 27 unit.

"Kali ini kita membentuk UPPB di Haur Batu Kecamatan Paringin , selanjutnya nanti ada 2 UPPB lagi yang akan di bentuk yakin di Taluk Bayur Kecamatan Juai dan  Auh Kecamatan Tebing Tinggi, ini merupakan program pusat yang turun ke provinsi dan kabupaten,” ujarnya, Kamis (12/8/2021).

Ia juga menyampaikan, UPPB dibentuk dari beberapa kelompok tani dalam suatu desa maupun beberapa desa. Menurutnya, dengan adanya UPPB bisa membantu petani dalam mengelola hasil karet yang berkualitas dan harga yang meningkat.

"Sehingga nantinya dengan adanya UPPB dapat memilih kemampuan, seperti cara penyadapan, pembelian, pasca panen, pengawas mutu bokar itu sendiri,” katanya.

Selain itu, tambahnya, UPPB masuk dalam kategori pemasaran terorganisir, petani dalam UPPB dapat menjual hasil panen melalui sistem kemitraan mampun bisa langsung kepada pabrik pengolah atau eksportir.

"Dengan adanya UPPB ini tentunya nanti bisa meningkatkan hasil panen karet yang berkualitas dan harganya lebih baik, sehingga bisa membantu petani karet meningkatkan ekonominya," tutupnya.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama