Ribuan Warga Palangka dan Menteng Antusias Ikuti Vaksinasi

Ribuan Warga Palangka dan Menteng Antusias Ikuti Vaksinasi

PALANGKA RAYA, MK - Sedikitnya dua ribu vaksin dosis pertama diberikan bagi warga Kelurahan Palangka dan warga Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya.

Vaksinasi massal itu digelar selama dua hari, yakni sejak tanggal 21 hingga 22 Agustus 2021 yang dilaksanakan di lingkungan Kantor Kecamatan Jekan Raya.

"Dalam pemberian dua ribu vaksin tersebut dilakukan persesi seribu vaksin untuk warga Kelurahan Palangka mendapat giliran vaksinasi dihari pertama, dan seribu vaksinnya lagi untuk warga Kelurahan Menteng pada hari kedua," ungkap Camat Jekan Raya, Sri Utomo, Senin (23/8/2021).

Dijelaskan, adapun dalam pemberian vaksin tersebut dilakukan tenaga kesehatan (nakes) Kecamatan Jekan Raya, serta dibantu oleh dokter, perawat serta vaksinator dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng sera Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) Palangka Raya.

"Bantuan 200 vial atau dua ribu dosis vaksin nusantara ini dari pihak TNI, yang disalurkan bagi masyarakat di dua kelurahan di Kecamatan Jekan Raya. Kami laksanakan sesuai protokol kesehatan ketat," ungkapnya.

Pemberian vaksinasi tersebut, lanjutnya, merupakan uji coba sistem pelaksanaan vaksinasi yang terintegrasi bersama pihak kelurahan hingga RT/RW.

Implementasinya, setiap kelurahan berkoordinasi dengan seluruh ketua RT/RW masing-masing, guna mendata warganya yang ingin divaksin. 

Selanjutnya disingkronkan dengan penyediaan kuota, penetapan nomor antrian, pembagian jam vaksinasi yang terintegrasi dengan sistem informasi layanan (Sila) Jekan Raya, melalui Whatsapp.

"Jadi warga yang telah didaftarkan tinggal datang sesuai jam yang ditentukan dalam jadwal. Jadi tak perlu menunggu lama. Datang sesuai jam, dipanggil, divaksin, diberikan sertifikat vaksinasi dan selesai," tandasnya.[kenedy/suratman]


Lebih baru Lebih lama