Kwarcab GP Pulang Pisau, Peringatan Hari Jadi Pramuka ke-60

Kwarcab GP Pulang Pisau, Peringatan Hari Jadi Pramuka ke-60

PULANG PISAU, MK - Berlangsung di Aula Banama Tingang, Kantor Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Jalan Trans Kalimantan KM 1, Sabtu (14/8/2021) dilaksanakan upacara peringatan Hari Jadi (Harjad) Pramuka ke-60.

Upacara dihadiri Pabung 1011/KLK, perwakilan  Polres Kompol Derajat, Ketua Komisi III DPRD,  Kadis Kominfo, Kadis Perhubungan, Kadispora dan juga dihadiri perwakilan kecamatan serta pengurus Pramuka di Pulang Pisau.

Sebagai pembina upacara langsung oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pulang Pisau.

Membacakan poin sambutan Ketua Kwarnas, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pulang Pisau, Edy Purwanto Casmani menyampaikan, tepat hari ini tanggal 14 Agustus 2021 merupakan momen yang sangat ditunggu dan disambut penuh suka cita oleh para gerakan Pramuka. 

Dimana, pada tanggal dan bulan tersebut organisasi kepramukaan genap berusia 60 tahun.

"Meskipun sebenarnya gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia berusia lebih tua. Namun, sejak 60 tahun lalu kita tidak lagi terpecah-pecah hingga menyatu dalam satu wadah yang kita sebut gerakan Pramuka. Jadi, peringatan hari ini sebagai wujud kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah persatuan dalam wadah tunggal, yakni gerakan Pramuka," kata Edy Casmani sapaan akrabnya kepada awak media ini.

Selanjutnya, masih dalam poin sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka bukan merupakan organisasi bantuan sosial, tetapi sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan berupa satya dan darma Pramuka.

"Maka Pramuka sendiri tetap menunjukan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan. Apalagi saat ini wilayah kita dilanda Pandemi Covid-19, dan kita juga berusaha membantu pemerintah dan pihak terkait lainnya dalam penanggulangannya," ucapnya.

Kemudian, masih dalam salam sambutan Ketua Kwarnas. Tema hari Pramuka dan peringatan 60 tahun gerakan Pramuka, yakni "Pramuka Berbakti Tanpa Henti dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional".

"Sementara slogan yang merupakan inti tema tersebut adalah Pramuka Berbakti Tanpa Henti. Jadi, kita tetap membantu orang-orang yang memerlukan pertolongan kita. Jangan pernah menyerah serta berputus asa, mari kita tunjukan bahwa Pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti," tutup Edy Casmani membacakan poin sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.[manan]


Lebih baru Lebih lama