Dana MTQ dan KONI Bermasalah, Dewan Rencanakan RDP

Dana MTQ dan KONI Bermasalah, Dewan Rencanakan RDP

BUNTOK, MK - Menanggapi permasalahan dana Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barsel berencanamelakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dalam waktu dekat ini.

Saat di konfirmasi metrokalimantan.com, Selasa (31/8/2021), Ketua Komisi II DPRD Barsel, Ensilawatika Wijaya menegaskan akan segera mengomunikasikan perihal rencana RDP terkait masalah tidak jelasnya dana MTQ Tahun 2020 dan dana KONI Barsel tahun 2019. RDP dilakukan dengan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Barsel.

"Bisa RDP nanti saya usulkan di Banmus," tegas Ketua komisi ll DPRD Barsel ini.

Sebelumnya, dalam pemberitaan beberapa beberapa waktu lalu, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Barsel menyebut pihaknya telah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap beberapa saksi terkait dua masalah tersebut.

Dalam keterangannya, Kepala Seksi Intelijen Kejari Barsel, Teguh Padiah Wahyudi mengaku bahwa dalam hal kasus dana MTQ pihaknya telah memeriksa setidaknya 11 saksi  dari 13 perusahaan yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan persiapan acara yang rencananya diselenggarakan pada 24 Maret 2020 di Stadion Batuah Kota Buntok itu.

Selain itu, penyidik juga telah melakukan pemeriksaan terhadap 21 orang panitia penyelenggara kegiatan yang menelan biaya sebesar kurang lebih Rp8 milyar tersebut.

"Dari 21 panitia pelaksana sudah dimintai keterangan dan masih dalam pemeriksaan terkait MTQ tahun 2020," beber Teguh.

Sementara itu, dalam hal menyelidiki kejelasan pengelolaan dana KONI Barsel yang nilainya mencapai Rp2 miliar itu, Teguh mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap lima orang saksi yang merupakan pengurus dari organisasi yang menaungi semua cabang olahraga tersebut.

"Sudah kita panggil lima orang saksi untuk klarifikasi terkait hal tersebut, ini dalam penyelidikan saja, masih mencari tahu kebenarannya," pungkasnya.[timred]



Lebih baru Lebih lama