Bhaskarogra Ajak Pelajar dan Pemuda Tingkatkan jiwa Nasionalisme serta Patriotisme

Bhaskarogra Ajak Pelajar dan Pemuda Tingkatkan jiwa Nasionalisme serta Patriotisme

BUNTOK, MK - Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Bhaskarogra Basuki Dwiatmaja mengajak para pelajar dan pemuda meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme untuk membangun bangsa dan negara Indonesia lebih baik.

"Semangat nasionalisme zaman dulu dengan mengangkat senjata guna merebut dan mempertahankan Indonesia, namun sekarang dengan mengisi kemerdekaan melalui prestasi pembangunan," ujar legislator muda Bumi Batuah ini, Jumat (6/8/2021).

Ia menjelaskan, hilangnya jiwa nasionalisme dan patriotisme dari dalam diri pemuda Indonesia karena dipengaruhi beberapa faktor, seperti keluarga, teman pergaulan, lingkungan tempat tinggal dan lainnya yang memiliki peranan penting dalam menentukan kualitas jiwa nasionalisme seseorang.

"Saat ini jiwa nasionalisme para pemuda Indonesia telah banyak yang hilang seiring perkembangan zaman dan teknologi, namun masih ada juga para pemuda Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme dan idealisme yang tinggi," ujarnya.

Menurut dia, ke depannya dalam mempertahankan jiwa nasionalisme akan semakin sulit, karena dinamika dan problema kehidupan semakin komplek yang secara tidak langsung dapat menyebabkan hilangnya jiwa nasionalisme dalam diri seseorang.

"Kami berharap ke depannya jiwa nasionalisme para pemuda Indonesia sebagai anak bangsa dapat lebih baik lagi," ujarnya.

Ia mengatakan, salah satu wujud dari masih adanya jiwa nasionalisme dalam diri seseorang, dapat dilihat dari sikap dan perilakunya sehari-hari yang menunjukkan rasa cinta tanah air dan bangga dengan berbangsa dan bertanah air Indonesia.

"Seorang pemuda yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi akan selalu merasa bangga dengan kebangsaan yang dimilikinya, di manapun ia berada dan dengan siapa ia pada saat itu dan akan selalu mempertahankan negaranya," pungkasnya.[deni]


Lebih baru Lebih lama