Bersama Warga Desa, Bhabinkamtibmas Bersihkan Rumah Terendam Banjir

Bersama Warga Desa, Bhabinkamtibmas Bersihkan Rumah Terendam Banjir

KOTABARU, MK - Curah hujan sangat deras mengakibatkan rumah warga terendam banjir di Desa Baharu Utara. Banjir dikabarkan melanda sejumlah rumah warga Desa Baharu Utara di RT. 11, 12 berbatasan dengan RT 02 Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Senin (30/8/2021).

Menurut informasi Bhabinkamtibmas Bripka Alfianus Rungo mengatakan, dalam beberapa hari terakhir ini, sering terjadi banjir di wilayah Desa Baharu Utara dan sempat merendam beberapa rumah warga.

Alfianus menambahkan, selaku Bhabinkamtibmas membantu warga binaan dalam melakukan pembersihan rumah warga yang terendam banijr dan lumpur.

Sejak beberapa hari ini hingga sekarang, warga Desa Baharu Utara yang terkena banjir menggenangi beberapa rumah, sehingga berdampak pada rumah warga dan fasilitas umum.

"Saat ini kami sedang melakukan pembersihan bekas banjir bersama para Ketua RT dan warga setempat," imbuhnya.

Salah satu Ketua RT. 02 Desa Baharu Utara, Zamzanie juga mengatakan, banjir tersebut akibat curah hujan tinggi sehingga air meluap memasuki rumah warga yang begitu deras menyebabkan rumah warga saat ini terendam.

Zamzanie menambahkan, banjir ini dipengaruhi dengan adanya pengelolaan perumahan, sehingga air tersebut drastis mengarah ke permukiman penduduk warga.

Bersama Bhabinkamtibmas, masyarakat melakukan pembersihan dan penyemprotan dengan menggunakan alat mesin dari Balaskar Putra Bima Yon 09 yang dibina oleh Ketua RT 02 Zamzanie, untuk rumah yang terendam dengan lumpur.

"Kami berharap kepada pengelola perumahan yang ada di wilayah RT. 06 segera membuat selokan atau gorong gorong, karena tanah dorongan Dozer atau galian tersebut dibawa air hujan hingga masuk ke rumah warga," terangnya.

Musibah ini mengakibatkan 10 rumah warga terkena dampak banjir masuk ke dalam rumah, di antaranya RT. 11, 12 dan 02, dengan cepat tanggap terhadap warga.[zainuddin]



Lebih baru Lebih lama