Balai Adat Dayak Lawangan di Desa Dambung Diresmikan

Balai Adat Dayak Lawangan di Desa Dambung Diresmikan

TAMIANG LAYANG, MK - Balai Adat Dayak Lawangan di Desa Dambung  Kecamatan Dusun Tengah (Dusteng) Barito Timur (Bartim) Kalimantan Tengah diresmikan.

Pada acara kegiatan peresmian Balai Adat tersebut yang puncaknya digelar pada hari Sabtu 31 Juli 2021 itu ditandai dengan kegitan ritual penyembelihan hewan kurban berupa kerbau. 

Bupati Ampera menegaskan, apapun yang terjadi Desa Dambung itu akan tetap menjadi bagian dari Gumi Nansarunai Jari Janang Kalalawah.

"Untuk itu kami berkomitmen terus berjuang memajukan serta menyejahterakan masyarakat Desa Dambung, tanah leluhur suku Dayak Lawangan di Kecamatan Dusun Tengah, sehingga apapun yang akan terjadi Desa Dambung itu adalah bagian integral Kabupaten Barito Timur," tegasnya. 

Bupati juga mengatakan, pada prinsipnya saat ini tidak ada masalah dan konflik di perbatasan, sebab pihaknya tidak pernah berkeberatan ada warga di luar Kalteng, khususnya warga Kalsel mendiami Desa Dambung.

Terpisah, Wakapolsek Dusteng, Ipda A Sabatu, Minggu (1/8/2021) mengatakan, kegiatan semacam itu perlu pihaknya lakukan pendampingan.

Mengingat, lanjutnya, yang hadir adalah unsur pimpinan dan jarak tempuh dan medan menuju Desa Dambung sangat berat.

"Kepada masyarakat desa Dambung kami ucapkan terima kasih karena telah displin dalam menerapkan prokes selama berlangsungnya kegiatan itu," tutupnya.[kenedy/rama]


Lebih baru Lebih lama