Sekda Said Resmi Kukuhkan Pengurus Forum Anak Kotabaru

KOTABARU, MK - Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru, Said Akhmad secara resmi mengukuhkan Pengurus Forum Anak Daerah (FAD) Kotabaru periode 2021-2023, Jumat (23/07/21).

FAD merupakan binaan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2PAPP dan KB) Kabupaten Kotabaru.

Pengukuhan berlangsung di Operation Room Setda Kotabaru, yang turut dihadiri Kepala Dinas P2PAPP dan KB, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kotabaru, seluruh pengurus FAD Kotabaru dan tamu undangan.

Kepala Dinas P2PAPP dan KB Kotabaru, dr. Cipta Waspada menyebutkan jumlah pengurus Forum Anak yang dikukuhkan sebanyak 14 orang, di mana pengukuhan ini dimaksudkan memenuhi hak partisipasi anak dan mempererat hubungan persaudaraan anak Kotabaru dan anak Indonesia.

Cipta juga menyampaikan, kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun 2021 yang mengambil tema Anak Terlindungi Indonesia Maju, yang memiliki pesan utama Anak Peduli Di Masa Pandemi.

Forum Anak ini sebagai wadah partisipasi anak, di mana anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok kegiatan anak atau perorangan yang dikelola pemerintah sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi, suara, dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan.

Bupati Kotabaru dalam sambutannya melalui Sekdakab Kotabaru, Said Akhmad mengatakan, pelantikan dan pengukuhan pengurus Forum Anak periode 2021-2023 merupakan bagian dari upaya Pemkab Kotabaru dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, kembang, dan berpartisipasi secara wajar. 

“Hal ini sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta untuk memberikan perlindungan terhadap anak dari berbagai tindakan kekerasan dan diskriminasi,” ucap Said.

Kemudian, lanjutnya, pelantikan ini sangat penting dan strategis, mengingat sebagai salah satu faktor utama dalam penyelenggaraan kota layak anak. Kegiatan tersebut diharapkan semakin meningkatkan peran serta dan kesadaran untuk memberikan perhatian yang lebih, untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. 

"Dengan dilantiknya Forum Anak ini, saya berharap akan semakin memberikan efek positif dalam pembangunan kotabaru sebagai kota layak anak karena salah satu misi forum anak yaitu sebagai wadah aspirasi yang mewakili suara anak-anak di kotabaru dalam mewujudkan pembangunan kota yang layak anak dan ramah keluarga,” harapnya.

Said mengajak kepada orang tua, keluarga, masyarakat serta dunia usaha terus memberikan upaya perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak, di samping agar selalu memberikan perhatian dan informasi seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat. Juga betapa pentingnya membangun karakter anak melalui upaya peningkatan pengasuhan anak di lingkungan keluarga.

Said mengajak seluruh anak di Kabupaten Kotabaru untuk dapat menjadi pionir perubahan yang positif, dan sebagai amanah undang-undang. 

"Hal ini agar anak dapat memberikan input terhadap kebijakan pemerintah yang berdampak langsung pada upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak,” tutupnya.[zainuddin]



loading...

Posting Komentar

0 Komentar