Pasien Covid-19 Meningkat, RSUD Kapuas Kembali Tambah Ruang Isolasi

KUALA KAPUAS, MK - Menyusul meningkatnya jumlah kasus terpapar Virus Corona belakangan ini di Kabupaten Kapuas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas terpaksa harus menambah kapasitas ruang isolasi untuk pasien Covid-19.

Padahal diketahui sebelumnya RSUD Kapuas juga pernah menambah ruang pasien Covid-19.

Direktur RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr Agus Waluyo, Kamis (21/7/2021) mengatakan,
kondisi rumah sakit Kapuas saat ini untuk ruangan pasien Covid-19 dewasa, sudah terisi penuh.

"Bahkan sekarang di ruangan instalasi gawat darurat (IGD) sudah antre beberapa pasien menunggu untuk masuk ke ruang isolasi," ujar dr Agus.

Terkait hal tersebut, pihak RSUD Kapuas pun berupaya untuk melakukan penambahan ruangan perawatan bagi pasien Covid-19 di rumah sakit satu-satunya di Kuala Kapuas itu.

"Kami melakukan penambahan 2 ruangan dengan kapasitas 7 tempat tidur. Insya Allah  tambahan 2 ruangan isolasi Covid-19 itu sudah bisa operasional," kata dr Agus.

Tak berhenti sampai disitu, RSUD Kapuas juga akan melakukan penambahan lagi 3 ruangan isolasi Covid-19 dengan masing-masing ruangan berkapasitas 4 tempat tidur.

"Ada tiga ruangan lagi yang rencananya akan kami alihkan untuk ruang perawatan Covid-19 dengan masih-masing ruangan 4 tempat tidur, sehingga totalnya ada 12 tempat tidur," beber Agus.

Apabila semua ruangan perawatan Covid-19 tersebut operasional, sehingga total tempat tidur ruang isolasi RSUD Kapuas berjumlah 55 kapasitas tempat tidur.

"Kami juga sudah mempersiapkan 1 ruangan transit di depan IGD yang kita buat dengan kenopi. Jadi, apabila terjadi overload maka pasien akan kita tahan di ruangan transit itu dulu untuk sementara menunggu apabila ada ruangan yang kosong," ucap dr Agus.

Akan tetapi, sambungnya, ruangan transit itu tidak bisa bertahan lama sehingga pihaknya mengusulkan ke Satgas Covid-19 Kapuas agar dipersiapkan rencana kontigensi (pembuatan rumah sakit darurat) apabila rumah sakit terjadi overload.[zulkifli]



loading...

Posting Komentar

0 Komentar