Fraksi PPP DPRD Kapuas Dorong Penyehatan Perusahaan Daerah

KUALA KAPUAS, MK - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Kabupaten Kapuas mendorong Pemerintah daerah mengambil langkah-langkah penyehatan dua Perusahaan daerah (Perusda) yang ada di Kapuas.

Ketua Fraksi PPP DPRD Kapuas, H Darwandie, Kamis (8/7/2021) menyampaikan, Fraksi PPP telah menyampaikan pemandangan umumnya terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2020 dalam Rapat Paripurna.

"Dalam penyampaian tersebut, di antaranya mendorong Pemkab mengambil langkah penyehatan terhadap dua Perusahaan daerah (Perusda), yakni PDAM Kapuas, dan Perusda Panunjung Tarung," ujarnya.

Menurutnya, hal itu disampaikan karena merupakan pesan masyarakat yang disampaikan melalui pemandangan umum fraksi, di antaranya adalah keprihatinan masyarakat terkait dengan kondisi dua lembaga tersebut.

"Yang kita tahu bahwa dua lembaga ini sebenarnya merupakan suatu instansi kebanggaan, karena ini merupakan perusahaan daerah milik kita yang mana sahamnya itu murni dari APBD oleh karena itu situasi ini tentu tidak berlebihan ketika masyarakat juga prihatin dengan kondisi yang ada," kata Darwandie.

Menurut Politisi senior PPP ini, pesan yang disampaikan itulah merupakan bagian dari pesan rakyat, sederhana saja kepada kepala daerah sebagai kuasa pemegang saham untuk cepat mengambil langkah-langkah terkait upaya perbaikan maupun penyehatan.

"Upaya perbaikan yang diharapkan itu ditataran strukutural mungkin kosong itu bisa segera diisi, tetapi tetap pada koridor asas yang berlaku atau sesuai dengan ketentuan, direktur misalnya itu punya ketentuan tersendiri atau standar kualifikasi," ucapnya.

Sekretaris Komisi II DPRD Kapuas ini menyarankan untuk upaya penyehatan tadi Pemkab Kapuas bisa saja mengambil langkah-langkah melalui upaya perbaikan finansial segera dilakukan audit internal terkait dengan pengelola keuangan.

"Perlu itu. Karena PDAM itu ada penghasilan, ada penerimaan atau kontribusi dari rakyat dari hasil pembayaran penjualan produksi dan sumber keuangan lain. Nah itu segera dilakukan audit internal sehingga itu merupakan bagian dari strategi penyehatan secara finansial," kata Dia.

Ia berharap PDAM Kapuas ke depan menjadi lembaga yang bisa mendapatkan profit, tetap berorientasi sosial tapi ke depannya bisa jadi profit oriented karena perkembangan. 

"Baik itu Jumlah pelanggan bertambah, dan lainnya," pungkasnya.[zulkifli]


loading...

Posting Komentar

0 Komentar