Aliamansyah, ODGJ yang Harus Hidup dalam Pasungan dan Kurungan

Aliamansyah, ODGJ yang Harus Hidup dalam Pasungan dan Kurungan

PARINGIN, MK - Alimansyah (38 tahun), warga Desa Butut Pilanduk, Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, hidupnya terpaksa harus dalam pasungan dan kurungan. Ini dilakukan pihak keluarga  karena berpotensi membahayakan warga sekitar.

Pada mulanya Alimansyah mengalami sakit panas yang tinggi, dan kemudian timbul gejala yang membuat dirinya menjadi tak terkendali dan membahayakan warga sekitar. Hingga akhirnya harus dipasung dan dikurung.

Diketahui sekitar tahun 2006, Alimansyah sudah merasakan gejala yang tak biasa, hingga akhirnya Ia bisa mengamuk dan memukuli orang-orang kemudian oleh sebab itu Alimansah dikurung dan dipasung.

"Alimansyah diperkirakan sudah 15 tahun mengidap gangguan jiwa, bahakan sudah dua kali dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Sambang lihum dan sempat ada membaik," ujarnya, Fatiyah adik dari Alimansyah kepada awak media.

Namun karena sempat kehabisan obat, tambahnya, Alimansyah kembali membahayakan warga dan akhirnya harus dipasung dan dikurung, tak jauh dari belakang rumahnya dengan menyendiri tanpa ada lampu, jendela ,bahkan teman.

"Pondok ini terpaksa dibikinkan karena Alimansyah merusak rumah dan memukul apa saja yang mendekatnya,"bbebernya Fatiyah.

Semantara cara memberi makan Alimansyah pun hanya melalui salah satu tempat yang dibikinkan sedikit lobang, lalu dengan di berikan makanan menggunakan plastik.

"Beginilah keadaan Alimansyah, selain memukul apa yang di dekatnya dan merusak sekitarnya, ia juga selalu berteriak-teriak siang dan malam," tuturnya.

Ia mengungkapkan pihak keluarga juga terus berusaha mencari cara untuk memberikan kesembuhan kepada Alimansyah.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama