16 Ekor Sapi Kurban Disalurkan Pemkab Pulang Pisau, 25 Ekor dari Pemprov Kalteng

16 Ekor Sapi Kurban Disalurkan Pemkab Pulang Pisau, 25 Ekor dari Pemprov Kalteng

PULANG PISAU, MK - Menghadapi Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban tahun 1442 H/2021 ini, Pemkab Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, telah mengalokasikan sebanyak 16 hewan kurban yang akan disalurkan kepada sejumlah masjid di masing-masing kecamatan di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini.

Itu disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Pulang Pisau, M Syaripul Pasaribu kepada awak media, Jumat (16/7/2021) usai halaman Masjid Agung Ar-Raudhah Pulang Pisau.

"Iya tahun ini Pemkab Pulpis mengalokasikan sebanyak 16 ekor sapi kurban yang didistribusikan kepada sejumlah masjid di masing-masing kecamatan nantinya," katanya.

Penyerahan hewan kurban mewakili Bupati Pulang Pisau itu, Syaripul mengingatkan saat prosesi penyembelihan hewan kurban panitia tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

"Kita saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, hewan kurban yang diserahkan Pemkab Pulpis ini diharapkan dapat membantu mengurangi beban masyarakat penerima," ucapnya.

Dia mengungkapkan, berdasarkan arahan pemerintah bahwa hewan kurban dipastikan dalam keadaan sehat, pelaksanaan dilakukan di tempat terbuka, dan memastikan petugas selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, menggunakan masker dan membawa peralatan potong hewan masing-masing.

"Jumlah bantuan hewan kurban yang disalurkan tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, dan komitmen pemerintah setempat selalu berusaha meningkatkan lebih banyak jumlah hewan kurban," ucapnya.

Syaripul juga meminta kepada panitia pelaksana kurban dalam pendistribusian daging kurban dan menghindari terjadinya kerumunan, panitia bisa langsung mendistribusikan daging kurban tersebut ke rumah masing-masing warga yang menjadi penerima.

"Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di kabupaten setempat, dan jangan sampai ada kluster baru dari kerumunan yang terjadi saat proses penyembelihan dan pendistribusian pada Hari Raya Idul Adha ini," pesannya.

Sementara, disampaikan Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Pulang Pisau, Sumadi bahwa selain 16 ekor hewan kurban yang disalurkan oleh pemerintah setempat, ada pula hewan kurban yang diterima dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah, yakni sebanyak 25 ekor sapi.

"Rencananya, penyerahan simbolis dilaksanakan pada hari Minggu dan diserahkan kepada sejumlah masjid yang ada di Kabupaten Pulang Pisau," bebernya.

"Jadi, total bantuan hewan kurban yang disalurkan bersama Pemkab sebanyak 41 ekor," tambahnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama