Sukseskan 2’nd MIA Expo 2021, Siapkan Produk PWMP

Sukseskan 2’nd MIA Expo 2021, Siapkan Produk PWMP

BANJARBARU, MK - SMK-PP Negeri Banjarbaru siap ambil bagian sekaligus menyukseskan Millennial Indonesian Agropreneurs (MIA) Expo 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pertanian, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP).

MIA Expo 2021 akan digelar di Ambarrukmo Plaza, Yogyakarta, 12 hingga 13 Juni 2021. Tema yang diangkat 'Millennial Agropreneur; Penghela Agroeduwisata dan Ekonomi Kreatif'.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari upaya mewujudkan target melahirkan sebanyak 2,5 juta petani milenial di Indonesia. 

“Kementan mempersiapkan kurang lebih 2,5 juta petani milenial dalam lima tahun ini. Untuk itu kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi milennial bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi ini,” ujar Mentan SYL.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, menambahkan, pihaknya akan melaksanakan berbagai program untuk mendukung lahirnya para pengusaha petani milenial yakni pendidikan vokasi, pelatihan vokasi, program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian(PWMP), program YESS, Kostratani, program Magang Jepang serta P4S.

“Saya berharap The 2’nd MIA Expo mampu melahirkan petani milenial dan wirausaha pertanian milenial yang handal, professional dan berdaya saing tak hanya didalam negeri tetapi juga ekspor,” ujar Dedi.

Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Kementerian Pertanian (Kemantan), SMK-PP Negeri Banjarbaru siap mendukung  perhelatan akbar tersebut.

Fibrian Hendra Kusuma, tim SMKPPN Banjarbaru dalam MIA Expo mengaku akan membawa beberapa produk-produk hasil dari kelompok Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) dan juga mempromosikan SMKPPN Banjarbaru. 

Dijelaskan Fibrian, di antara produk yang akan di pamerkan berasal dari kelompok Husiha (Keripik Jamur Tiram, Larisa (Keripik Ubi), Matala (Keripik Tempe), Edzard (Aneka Instan Rempah), Finafi (Bawang Goreng Aneka Rasa), Deora (Tepung Labu, Tepung Mokav), El Dorado Herbs And Spices (Aneka Bumbu Pasta), Diara (Tepung Ubi Kuning, Tepung Ubi Ungu), Zaar Edamame (Edamame), Delicious (Sambal Cumi, Black Garlic), Kumiva (Tanaman Calathea, Tanaman Dendron, Tanaman Sirih, Tanaman Aglonema, dll), Cacidari (keripik pisang), Sirup Kayu manis dan Sirup Markisa.

"Keikutsertaan produk dari kelompok PWMP SMK-PP N Banjarbaru dalam Expo ini sekaligus  untuk memperkenalkan dunia pertanian khususnya ke generasi muda dan tentu mengajak mereka menjadi Agropreneur muda pertanian. Hal ini sejalan dengan upaya Kementan dalam meningkatkan jumlah petani dan wirausaha pertanian milenial," kata Fibrian.[advertorial]

Tim Humas SMK-PP N Banjarbaru


Lebih baru Lebih lama