Pertahankan Eksistensi di Era Digital, IKM Kotabaru Dilatih Pemasaran Online E-Smart

Pertahankan Eksistensi di Era Digital, IKM Kotabaru Dilatih Pemasaran Online E-Smart

KOTABARU, MK - Pelatihan pemasaran online E-Smart bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) digelar Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kotabaru di ruang Hotel Grand Surya lantai 5.

Pelatihan yang sudah memasuki hari ke-3, Jumat (4/6/2021) dan diikuti 20 peserta IKM ini menjadi terobosan baru dalam menumbuhkan dan mempertahankan eksistensi IKM sebagai tantangan di era digital masa pandemi covid-19.

Pelatihan dibimbing narasumber dari Kantor Perizinan, H Mara Setiadana S.Sos serta perwakilan Diskominfo, Erfa Muslimah SE. Juga ada narasumber dari Bukalapak.com, Fajeri Hidayat bersama Komunitas pelapak.

Kabid Perindustrian, Hj Isnaniah menjelaskan, pelatihan E-Smart ini bertujuan agar pelaku industri binaan dapat meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan dengan cara internet marketing atau memanfaatkan media daring.

"Dengan dilaksanakannya pelatihan, IKM ini sangat perlu untuk memanfaatkan perkembangan teknologi, baik itu sebagai sarana promosi maupun pemasaran," terangnya.

Hj Isnaniah menambahkan, E-Smart ini merupakan Platform E-Commerce yang digagas oleh Kementerian Perindustrian RI sebagai upaya membangun sistem basis data IKM yang terintegrasi melalui beberapa Marketplace Online yang sudah ada di Indonesia.

"Pelatihan E-Smart Online IKM, mengingat pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia. Kita berharap semoga pandemi ini cepat berlalu," pungkasnya.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama