Pemprov Kalsel Dukung Penuh Program YESS dari Kementan

Pemprov Kalsel Dukung Penuh Program YESS dari Kementan

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), saat ini melaksanakan Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda di Sektor Pertanian melalui Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS).

Untuk menunjang keberhasilan program YESS, Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan Provincial Multi Stakeholders Partnership YESS Programme pada Selasa 15 Juni 2021. 

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengutarakan, saat ini generasi milenial adalah penentu kemajuan pembangunan pertanian di masa depan. 

”Tongkat estafet pembangunan pertanian ada pada pundak generasi muda,” ucap Mentan SYL.

Senada dengan Mentan, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menegaskan, sudah saatnya pertanian dikelola generasi milenial.

"Menggunakan kreativitas dan inovasinya. Sehingga, pertanian ke depan menjadi modern. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya, tetapi juga berorientasi ekspor,” paparnya.

Kegiatan yang digelar di Ulin Ballroom, Novotel Banjarbaru ini dalam rangka penandatanganan Kerjasama Kemitraan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dalam mendukung program-program YESS yang akan dijalankan oleh Kementerian Pertanian. 

Mewakili Pj Gubernur Kalsel, Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kementerian pertanian RI, IFAD dan SMK-PP Negeri Banjarbaru. 

"Saya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Pertanian RI, IFAD dan SMK-PP Negeri Banjarbaru yang telah menginisiasi pertemuan ini sekaligus menunjuk Provinsi Kalsel sebagai pilot project pelaksanaan program YESS," jelasnya.

"Untuk ke depan, mudah-mudahan akan banyak lahir wirausaha muda, petani millenial, dan pertanian di Kalsel semakin maju dan berkembang ke arah yang lebih baik," harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, hadir secara virtual, Kepala pusat pendidikan pertanian BPPSDMP, Idha Widi Arsanti.

Selaku Direktur Program YESS, Ia mengharapkan kerjasama yang dilakukan bersama beberapa stakeholder dan pemerintah daerah Provinsi Kalsel ini bisa dilakukan dengan baik, diikuti dengan langkah konkret.

"Saya berharap, kerjasama yang dilakukan bersama beberapa stakeholder dan pemerintah provinsi Kalsel ini bisa dilakukan dengan baik, dan juga secara konteks program YESS segera ada langkah-langkah konkret untuk kemudian bisa kita mendorong para petani millenial kita, para pemuda dapat bekerja disektor pertanian," kata Idha.

Untuk proses penandatanganan antara PPIU Kalsel bersama Balai Latihan Kerja (BLK) Kalsel, Karang Taruna Kalsel dan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat ini disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel dan Kepala Bappeda Kalsel.[advertorial]



Lebih baru Lebih lama