Masyarkat Harus Selektif Menerima Informasi dari Media

Masyarkat Harus Selektif Menerima Informasi dari Media

BUNTOK, MK - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), H Zainal Khairuddin menyampaikan, mendalami isi informasi menjadi sebuah keharusan dan penyadaran yang harus dimiliki masyarakat dalam mengakses media massa terutama mengenai isi pesan.

"Perkembangan arus informasi saat ini, melalui media massa maupun media online sudah sangat pesat, apalagi didukung dengan adanya sosial media yang membuat sebuah informasi tersebar dengan sangat cepat di kalangan masyarakat," ucap Zainal, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, terkadang masyarakat dalam menerima informasi atau berita melalui media online misalnya, hanya melihat dari judulnya saja, tanpa melihat isi beritanya. Sehingga terkadang informasi yang didapatkan minim, dan inilah pentingnya.

Di mana seharusnya kemampuan literasi adalah hak asasi manusia untuk mendapatkan informasi yang dijamin oleh konstitusi, terutama di era perkembangan arus informasi yang cepat dan pesat ini.

"Informasi yang tersebar terkadang memiliki data yang tidak valid dan akurat. Terlebih, informasi yang didapatkan adalah berita hoax yang kemudian dibagikan lagi ke orang lain tanpa melakukan cek dan ricek sebelumnya," pungkasnya.[deni]


Lebih baru Lebih lama