Ini Kata Sekda Kota di Rakor Asistensi Persiapan Pelaksanaan DAK Terintegrasi Tahun 2022

Ini Kata Sekda Kota di Rakor Asistensi Persiapan Pelaksanaan DAK Terintegrasi Tahun 2022

PALANGKA RAYA, MK - Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin yang diwakili Sekda Hera Nugrahayu membuka secara langsung rapat koordinasi (rakor) dan asistensi persiapan pelaksanaan Dana Alokasi Umum (DAK) integrasi yang digelar di Aula Bappeda Litbang Kota Palangka Raya, Rabu (16/6/2021).

Terkait rakor itu, Hera menyampaikan bahwa seluruh peserta rapat diharapkan bisa mencatat poin-poin penting dan arahan dari pihak Kementerian PUPR untuk persiapan pelaksanaan DAK terintegritas tersebut.

Selain itu, menurutnya, sebelum melaksanakan kegiatan DAK nantinya, dirinya meminta agar Camat Sabangau dan Lurah Kereng Bangkirai bisa menyosialisasikan master plant kegiatannya sebelum memulai kegiatannya, sehingga masyarakat tidak bingung saat pemerintah menjalankan program DAK di lokasinya.

"DAK integritas ini akan dilaksanakan di Kelurahan Kereng Bangkirai khususnya di sekitaran objek wisata Dermaga Air Hitam dengan tujuan pengelolaan wisata yang lebih baik lagi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang, Harry Maihadi selaku pimpinan rapat mengatakan, Kota Palangka Raya adalah salah satu dari 48 Kabupaten dan Kota se Indonesia yang masuk daftar pelaksanaan DAK terintegritas tahun 2020-2023.

Adapun program kegiatan DAK terintegritas di kawasan objek wisata Dermaga Kereng Bangkirai itu nantinya adalah penataan kawasan permukiman agar tidak terlihat kumuh dan sempit.

Dimana, urainya, dari pihak kementerian mengusulkan syarat minimal 100 kepala keluarga agar bisa dijalankan program tersebut, untuk memenuhi syarat itu pihaknya bahkan mengusulkan 158 kepala keluarga yang akan mengikuti program DAK terintegritas.

"Ini adalah asistensi rapat persiapan awal rencana DAK terintegritas, apa pun yang menjadi saran dari Kementrian PUPR akan kami tindak lanjuti demi bisa berjalan dan terlaksananya program ini," tutupnya. 

Hadir dalam rapat itu diantaranya Kepala Dinas Perkimtan, Kepala Bidang Pariwasata, Kadis Perikanan, Kepala DLH, dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama