Gelar Temu Tani, Barito Timur Bentuk Badan Usaha Milik Petani

Gelar Temu Tani, Barito Timur Bentuk Badan Usaha Milik Petani

DINAS Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur yang bersinergi dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Barito, Timur Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Temu Tani.

Ini dilakukan dalam rangka musyawarah pembentukan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Kabupaten Barito Timur. 

Temu Tani dilaksanakan di aula Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur pada Senin 28 Juni 2021.

Musyawarah ini dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur, Trikorianto SP dan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM. 

Selain itu, sebagai garda terdepan Balai Penyuluhan Pertanian se-Kabupaten Barito Timur turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. 

Juga turut diundang  Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Barito Timur, Gapoktan, Poktan, Camat Dusun Tengah, Kepala Bidang lingkup Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur.

Dalam sambutannya pada pembukaan Temu Tani tersebut, Kepala Dinas Pertanian menyampaikan tujuan didirikannya koperasi adalah untuk memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta ikut membangun tatanan perekonomian sebagaimana amanat Pancasila dan undang undang dasar 1945.

Kemudian juga untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta menjadi gerakan ekonomi rakyat serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional.

Dalam penyampaiannya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga menyampaikan usaha anggota yang nantinya dikembangkan, di antaranya Unit usaha penggilingan padi dan pembelian gabah petani, Unit pelayanan jasa alat dan mesin pertanian, Unit pengadaan dan penjualan benih, pupuk dan obat obatan pertanian serta Unit simpan pinjam dan pembiayaan usaha pertanian. 

“Kegiatan unit usaha penggilingan padi dan pembelian gabah petani ditujukan untuk membeli, menampung dan menghimpun gabah hasil panen Anggota koperasi, calon anggota koperasi dan petani lainnya. Beras hasil produksi ini dikemas dan dipasarkan oleh koperasi,” terang Trikorianto.

“Dalam melaksanakan kegiatan usaha, koperasi dapat melakukan kerjasama dengan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan dan badan usaha lainnya,” imbuh Trikorianto.
 
Hasil musyawarah dalam Temu Tani tersebut berhasil mendirikan Badan Usaha Milik Petani dengan nama “BUMP Koperasi Bersama Tani Sejahtera” dengan visi “Terwujudnya hasil produksi pertanian yang tinggi dan berkualitas dengan harga stabil, dalam upaya mendukung ekonomi kerakyatan.

Sedang untuk misinya, di antaranya; Meningkatkan hasil produksi usaha tani; Meningkatkan kemampuan SDM anggota, dan; Membeli hasil usaha pertanian.

BUMP ini akan dibina langsung oleh Dewan Pembina, di antaranya Bupati Kabupaten Barito Timur, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Barito Timur.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama