Gantikan AKBP Yuniar, Kurniawan Hartono Resmi Menjabat Kapolres Pulang Pisau

Gantikan AKBP Yuniar, Kurniawan Hartono Resmi Menjabat Kapolres Pulang Pisau

PULANG PISAU, MK - Bertempat di Mako Polres Pulang Pisau, Polda Kalteng, Sabtu (12/6/2021) berlangsung acara penyambutan Kapolres Pulang Pisau Baru, yakni AKBP Kurniawan Hartono, SIK yang menggantikan Kapolres sebelumnya AKBP Yuniar Ariefianto, SH, SIK, MH.

Kapolres yang bergeser dari jabatannya itu berdasarkan Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor : ST/1129/VI/KEP./2021, tanggal 1 Juni 2021 lalu.

Berdasarkan ST tersebut, Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto, dimutasikan sebagai Kapolres Kendal Polda Jateng dan posisinya digantikan oleh AKBP Kurniawan Hartono, SIK yang sebelumnya menjabat Kabagbinopsnal Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Kepada sejumlah awak media, AKBP Yuniar Ariefianto yang bertugas memimpin Korp Bhayangkara (Polres Pulang Pisau) selama 13 bulan itu mengatakan, selama menjabat sebagai Kapolres Pulang Pisau penuh suka cita, khususnya saat bercengkrama dengan sejumlah tokoh agama, tokoh adat, dan masyarakat kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini.

Kecintaan terhadap Kabupaten Pulang Pisau mulai tertanam dalam jiwanya sejak menjabat sebagai Kapolres. 

Sebab, menurutnya, daerah ini (Pulpis) salah satu daerah di Kalteng yang strategis. Apalagi daerah ini merupakan salah satu wilayah  lumbung pangan nasional, hingga masuknya  program Food Estate oleh pemerintah pusat yang saat ini sudah mulai berjalan.

"Tidak terasa sudah 13 bulan saya bertugas di Polres Pulang Pisau, dan rasa cinta saya kepada daerah ini dirasa melebihi rasa cinta saya kepada diri sendiri. Namun karena memang tugas negara, jadi saya harus rela meninggalkan Pulang Pisau dan menitipkan amanah tugas sebagai Kapolres kepada Kapolres baru, yakni AKBP Kurniawan Hartono," ucap Yuniar sapaan akrab mantan Kapolres Pulpis ini.

"Kapolres Pulpis yang baru ini merupakan adik tingkatan saya, dan kebetulan AKBP Kurniawan Hartono ini juga berasal dari Polda Metro Jaya sama seperti saya juga dari Polda Metro Jaya. Saya yakin, Pulang Pisau ini akan lebih baik dan maju lagi dipimpin Kapolres yang baru," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Pulang Pisau yang baru AKBP Kurniawan Hartono menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah menyambut hangat kedatangannya sebagai Kapolres Pulang Pisau.

"Kedatangan saya di Pulpis ini merupakan sebuah kehormatan, karena saya disambut dengan kultur budaya Dayak, diantaranya  Potong Pantan yang dilaksanakan para Damang dan Pemuka Adat Dayak kabupaten setempat serta ditambah acara tarian penyambutan khas adat Dayak. Saya berkomitmen dalam melaksanakan tugas nantinya mampu menjalin hubungan baik dengan seluruh pihak," ucap AKBP Kurniawan Hartono dengan rasa sukur.

Sementara, acara penyambutan Kapolres Pulang Pisau yang baru tersebut dihadiri oleh Plt Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang, unsur Forkopimda terdiri Kajari Pulang Pisau, Pabung 1011/KLK,   Kepala Pengadilan Agama, sejumlah kepala SOPD lingkup Pemkab Pulang Pisau, tokoh masyarakat dan beberapa ormas di Bumi Handep Hapakat ini.[manan]


Lebih baru Lebih lama