Bumdes Mulia Raih Juara di Expo, sebagai Mitra Kerja Arutmin Ikut Bangga

Bumdes Mulia Raih Juara di Expo, sebagai Mitra Kerja Arutmin Ikut Bangga

PELAIHARI, MK - Berkembang pesat dalam menjalankan unit usaha, BUMDes Berkah Mulia Desa Bukit Mulia Kecamatan Kintap Tanah Laut diganjar penghargaan dan meraih juara 1 dalam ajang BUMDes Ekspo Kalsel 2021 bersama Desa Tirta Jaya yang juga meraih peringkat tiga se Kalimantan Selatan.

Penghargaan sendiri langsung diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Ir Roy Rizali Anwar ST MT kepada Kepala Desa Bukit Mulia dan disaksikan langsung Manajer Arutmin Kintap Lutfi Qolbirokhim, Sabtu (26/6/2021) di Atrium Duta Mall, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Peringkat satu yang diraih Bumdes Berkah Mulia Desa Bukit Mulia Kintap itu bukan tanpa alasan, dibawah binaan PT. Arutmin Site Kintap mampu berinovasi menciptakan berbagai anak usaha kendati usia BUMDes baru berjalan empat tahun.

Dihubungi terpisah, Manager Arutmin Kintap Lutfi Qolbirokhim mengaku akan terus mendukung langkah-langkah masyarakat lingkar tambang untuk mengembangkan kegiatan usaha, sebab ini merupakan suatu komitmen PT Arutmin agar masyarakat lingkar tambang maju dan berkembang.

Salah satu cukup baik saat ini sebut dia semangat Bumdes Berkah Mulia yang turut serta meningkatkan upaya penguatan pangan wilayah diwujudkan melalui pendirian unit-unit usaha pertanian, perkebunan dan peternakan.

“Dalam Proses Development Unit Usaha Bidang ketahanan Pangan ini Bumdes Berkah Mulia Bermitra dengan PT Arutmin Indonesia Site Kintap,” sebut Lutfi.

Ia mengatakan, usaha Bumdes Berkah Mulia di bidang penguatan ketahanan pangan telah melibatkan masyarakat dan akan selalu ditingkatkan kapasitas serta kualitasnya. 

Hal itu terlihat terdapat beberapa unit-unit penting di sektor ketahanan pangan yang sedang berkembang. Di antaranya Instalasi dan Distribusi Air Bersih, Peternakan Kambing Boer, Peternakan Ayam Petelur, Budidaya Tanaman Atsiri (sereh wangi), Budidaya Tanaman Hortikultura, dan Pengemasan, Distribusi Beras Hasil Petani Lokal (Proses Development). 

Bumdes Berkah Mulia juga berhasil mengelola sejumlah Usaha lain seperti Jasa Konstruksi, Catering, Agen Pembayaran dan Pertades. 

“Kami berharap dengan diraihnya penghargaan itu menjadi penyemangat bagi Bumdes Berkah Mulia serta bisa menjadi contoh bagi Bumdes lain di Tanah Laut,” tandasnya.

Sekda Roy sebelumnya mengatakan, indikator kemajuan sebuah desa dapat dilihat dari perkembangan badan usaha milik desa di Kalsel. 

Di Kalsel, berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kalsel, angka pertumbuhan BumDes mengalami kenaikan.  

“Dari 1.864 desa yang tersebar di sebelas kabupaten, sudah terbentuk 1.482 BUMDes atau 79,51 persen dari jumlah total desa di Kalsel,” sebutnya. 

Dari ribuan BUMDes tersebut ada 45 BUMDes yang berhasil masuk klasifikasi maju dalam satu tahun terakhir. 

Roy juga mengharapkan agar perkembangan dan promosi BUMDes terus dilanjutkan. 

Kemajuan BUMDes dapat menjadi pendukung perekonomian lokal di tingkat desa untuk mewujudkan desa mandiri yang dapat memenuhi kebutuhannya masing-masing. 

“Melalui expo ini, kita sebenarnya sudah masuk dalam arena promosi. Kita perlu promosi yang berkelanjutan dan perlu didorong keterampilannya dalam memanfaatkan media sosial sekarang ini,” pesannya.[andra]



Lebih baru Lebih lama