Wabup Andi Hadiri Rakorwasda dan Rakorwasikeubang 2021

Wabup Andi Hadiri Rakorwasda dan Rakorwasikeubang 2021

KOTABARU, MK - Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) dan Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan (Rakorwasinkeubang) tahun 2021. 

Rapat koordinasi diselenggarakan di Aula Idham Chalid, Kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Kamis (20/5/2021).

Dengan mengangkat tema "Strategi Pengawasan Dalam Penanggulangan Lahan Kritis dan Karhutla di wilayah Kalsel". Rakorwasda dan Rakorwasikeubang dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA. 

Pj Gubernur Kalimantan Selatan,  Safrizal ZA dalam sambutannya menyampaikan, agenda evaluasi ini sangat relevan dengan dinamika, apalagi situasi dan kondisi daerah saat ini, di mana hal tersebut menjadi salah satu agenda penting dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan daerah.

Menurutnya, hal tersebut agar dapat memberikan input serta gambaran kepada seluruh stakeholder yang ada di daerah masing-masing, sehingga sejauh mana upaya dan pencapaian kinerja kita dalam tata kelola lingkungan hidup di daerah.

Bukan hanya Pemerintah Provinsi saja, namun juga bagi Pemerintah Kabupaten/kota di Kalsel. Untuk RKPD Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2021 ini telah memasukkan penanggulangan bencana, dan ini adalah sebagai prioritas daerah. Bukan hanya karhutla, namun bencana-bencana lainnya juga mendapatkan,  seperti banjir,  longsor dan lainnya.

Safrizal berharap rapat koordinasi ini dapat dijadikan momentum bagi semua untuk melakukan langkah strategis dalam peningkatan kinerja pengawasan di tingkat pemerintah daerah, dan sebagai upaya nyata untuk memaksimalkan pencapaian target-target kinerja pembangun daerah. 

Pada kesempatan itu, Wabup Andi mengatakan, Pemkab Kotabaru akan mengutamakan dan memfokuskan masalah pencegahan Karhutla dan penanggulangan bencana. 

Sebab, kata Andi Rudi, penanggulangan Karhutla memakan biaya yang sangat besar dan melibatkan orang banyak. Untuk itu, pihaknya akan fokus ke perencanaan kerja terkait pencegahan. 

Hal tersebut secepatnya akan dirapatkan bersama Forkopimda serta Instansi terkait di Kotabaru.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama