Sekjen Kementan Targetkan Bulan Juni Tanam Padi di Kecamatan Dadahup Selesai

Sekjen Kementan Targetkan Bulan Juni Tanam Padi di Kecamatan Dadahup Selesai

KUALA KAPUAS, MK – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian RI, Momon Rusmono mengatakan, pengembangan kawasan food estate di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah kelembagaan ekonomi petani harus kuat, stakeholder diminta serius menjalankan Food Estate (FE). 

Momon di saat melihat langsung Gerakan Tanam Massal di A5 Desa Bentuk Jaya Kecamatan Dadahup, Kapuas, meminta agar food estate lebih digenjot, bulan Juni 2021 Kecamatan Dadahup ditargetkan sudah selesai tanam. 

“Gerakan tanam massal bulan ini menunjukkan kabupaten Kapuas sudah siap tanam lagi di bulan September, khusus Kecamatan Dadahup gerakan tanam bulan ini harus clear, laporkan gerakan tanam di Dadahup setiap hari,” tegas Momon dalam arahannya, Selasa (5/4/2021).

Sementara itu, Dirjen Prasarana Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy melaporkan, areal seluas 1000 hektare yang menjadi pilot project Mtani sudah diolah dan bisa ditanam secara keseluruhan biaya tanam dari Mtani, sarana produksi dari Kementan, olah tanah dari TNI.

Food Estate di Kalimantan Tengah berada di Kabupaten Kapuas 20 ribu hektare dan Kabupaten Pulang Pisau 10 ribu hektare. 

"Kapuas sudah ditanam seluas 19.222 hektare sisa 778 hektare yang ada di Kecamatan Dadahup, dan pada hari ini sudah ditanam sekitar 100 hektare, masih tersisa 600 hektare yang belum tanam,” terang Sarwo Edhy.[bayu/advertorial]



Lebih baru Lebih lama