PWI Pulpis Gelar Halal Bi Halal, Ustadz Suriyadi Isi Tausiyah

PWI Pulpis Gelar Halal Bi Halal, Ustadz Suriyadi Isi Tausiyah

PULANG PISAU, MK - PWI Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, kembali melaksanakan program kerja di tahun 2021.

Program kerja kali ini dengan agenda halal bi halal. Kegiatan berlangsung di Aula Balai PWI Pulang Pisau, Senin (24/5/2021).

Acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan Kalam Ilahi, sambutan ketua PWI Pulang Pisau, dan ceramah agama atau tausiyah yang disampaikan langsung oleh Ketua MUI Pulang Pisau, Ustadz H Suriyadi. 

"Kegiatan ini kita laksanakan dengan sederhana, mengingat saat ini kondisi daerah kita masih Pandemi Covid-19. Jadi, acara ini salah satu agenda kita (PWI Pulpis) di tahun 2021 ini. Nanti akan dilaksanakan secara berkesinambungan," kata I Nyoman Weda, Ketua PWI Pulang Pisau cukup singkat.

Disampaikan Ustadz H Suriyadi, yang mendasari halal bi halal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya "Tidaklah halal bagi muslim itu bermusuh-musuhan dan tidak bertegur sapa selama 3 hari". 

"Artinya, berdosa lah apabila tidak tegur sapa selama 3 hari. Jadi, momen halal bi halal ini bertujuan saling memaafkan dan merekatkan kebersamaan antar sesama, baik sesama muslim maupun antar umat beragama lainnya," ucap Ustadz Suriyadi dalam poin tausiyahnya. 

Sedikit dijelaskan Ustadz Suriyadi yang juga sebagai Ketua Forum Komunikasi Kerukunan Umat Beragama di Pulang Pisau ini, seseorang akan terhalang masuk surga apabila tidak menjalankan dua perkara ini, yakni hubungan dengan Allah (Tuhan Yang Maha Esa) dan hubungan dengan manusia. 

"Orang yang rajin atau suka bersilaturahmi, akan dipanjangkan umur dan dibukakan pintu rejekinya. Juga, sedekahnya wartawan itu dengan berita. Karena sedekah itu tidak harus dengan materi, bisa dengan pikiran dan tenaga, nah sedekahnya wartawan ini masuk kategori sedekah pemikirannya. Jadi, segala sesuatu itu niatkan untuk kebaikan, maka akan bernilai ibadah," tutup Ustadz H Suriyadi.

Sebelumnya juga, PWI Pulang Pisau sudah melaksanakan program kerja dengan agenda Safari Jurnalistik ketiga kecamatan di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau, yakni Maliku, Pandih Batu dan Jabiren Raya.[manan]


Lebih baru Lebih lama